Pemko Payakumbuh akan Benahi Parkir Liar


 Forum koordinasi lalu lintas Payakumbuh rapat di aula randang.


PAYAKUMBUH-Forum koordinasi lalu lintas Payakumbuh melaksanakan rapat di aula randang, balai kota, Selasa (28/12/2021). Rapat koordinasi kali ini, menjadi rapat terakhir untuk 2021. 


Rapat dipimpin Asisten II Elzadaswarman, Kadishub Nofriwandi didampingi Sekdis Hadiatul Rahmat dan Kabid Keselamatan dan Pengendalian Operasional Yulhendri, Kapolres AKBP Alex Prawira diwakili Kabag Ops Kompol Khairil M didampingi Kasat Intel AKP Luhur Fachri Utomo, Kasat Reskrim AKP Aknopilindo, Kasat Lantas Iptu Hendriyanto, perwakilan Kejaksaan Negeri Robby dan Satria, serta Subdenpom 1/41 Jefri Chaniago.

Elzadaswarman alias Om Zet menyampaikan, tertibnya daerah ada tiga jendela yang dilihat, mulai dari lalu lintas, pasar dan arus pelayanan umum. Sebagai indikator tertibnya sebuah kota, lalu lintas tak hanya sukses oleh tangan pemda saja, tapi adanya integrasi koneksitas dari tim koordinasi lalu lintas, untuk membuahkan hasil dengan meningkatnya keamanan dan kenyamanan serta tertib lalu lintas.

"Bila sudah tertib lalu lintas, berdampak kepada pelayanan masyarakat dan berkurangnya kasus kecelakaan. Berbicara lalu lintas, ada rule of the game-nya, apalagi kawasan yang berkaitan dengan lalu lintas seperti jalan raya, perparkiran dan terminal," kata Om Zet.

Om Zet menambahkan, berkat bantuan semua pihak, lalu lintas di Payakumbuh berjalan tertib. Secara kasat mata dan data kecelakaan serta kriminalitas hubungan lalu lintas dapat berkurang.

"Tentunya keinginan kita semua menciptakan kota layak huni, tertib, dan nyaman. Pemko Payakumbuh menyampaikan apresiasi kepada tim dan setiap pihak yang berkontribusi dan berupaya meningkatkan ketertiban di Payakumbuh dalam kerjasama nyata," ujarnya.

Dalam rapat tersebut yang banyak dibahas masalah perparkiran, pemko sudah menambah titik parkir resmi dari sebelumnya 25 menjadi 27 titik, masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi dari parkir ini kedepannya, apalagi parkir-parkir liar.

Kemudian, juga dibahas lampu merah di beberapa tempat, dimana perlu disesuaikan beberapa hal, apalagi di persimpangan yang berpotensi macet panjang seperti di simpang empat Napar.

Tim juga monitor ke lapangan untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi rillnya, sehingga pada 2022 nantinya pemko dan stakeholder terkait bisa mengambil kebijakan terkait lalu lintas.

Kasat Lantas Hendriyanto menegaskan untuk memastikan arus lalu lintas lancar pada malam pergantian tahun, akan dilakukan pengaturan lalu lintas dengan mengirim petugas di beberapa titik rawan macet.

"Kita akan bersinergi dengan pemko untuk kelancaran lalu lintas pada malam pergantian tahun," kata Hendriyanto. (CAN)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama