Pincuran Puti Bakal Jadi Andalan Kabupaten Solok


Wagub Sumbar resmikan Geowisata Pincuran Puti 

KABUPATEN SOLOK-Geowisata Pincuran Puti yang mengandalkan konsep alami dengan eko building diyakini akan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Solok, terutama bagi wisatawan minat khusus.

"Sekarang tren wisata sudah berubah. Wisatawan tidak lagi mencari tempat terkenal yang besar dan berada di dekat jalan raya. Banyak wisatawan saat ini mencari destinasi baru. Desa wisata menjadi salah satu sektor yang berkembang pesat," kata Wakil Gubernur Audy Joinaldy saat meresmikan geowisata Pincuran Puti, Minggu (26/12/2021).

Ia menilai apa yang dimulai masyarakat Talang Babungo dengan memanfaatkan bentang alam menjadi destinasi yang alami sangat luar biasa. Harus diakui masih ada beberapa kekurangan. Di situlah peran pemerintah dibutuhkan untuk memberikan dukungan.

Audy menyebut mini zoo, APV, flying fox dan glamping bisa menjadi pendukung yang tepat. Ia meminta Dinas Pariwisata, Dinas Peternakan dan Dinas Kehutanan Sumbar untuk bisa memberikan dukungan nyata. "Masyarakat sudah memulai, maka kewajiban pemerintah untuk mendukung," kata Audy.

Dia mengingatkan, kunci wisata adalah kebersihan dan pelayanan. Dua hal itu harus benar-benar diperhatikan. Pengelola wajib menyediakan tempat sampah agar lingkungan selalu terlihat bersih.

Demikian juga pelayanan. Jangan sampai ada aksi premanisme yang akan mencoreng kenyamanan destinasi hingga tidak akan didatangi wisatawan lagi.

"Ke depan, ini harus masuk nominasi desa wisata sehingga lebih dikenal lagi secara lebih luas," katanya.

Wakil Bupati Jon Firman Pandu mengatakan, pemkab juga akan memberikan dukungan terhadap destinasi wisata yang patut menjadi salah satu unggulan itu. "Kami yakin Geowisata Pincuran Puti di Talang Babungo ini bisa menarik minat wisatawan hingga mancanegara," katanya. (rls)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama