Pengunjung Terpesona Suasana Natural Kubu Gadang


 Suasana alam Kubu Gadang. (kominfo)


PADANG PANJANG-Kubu Gadang Fest 2021, Minggu (26/12/2021) di Desa Wisata Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, menjadi daya tarik tidak saja bagi wisatawan, tetapi juga travel agent dan fotografer. Bagi mereka, suasana natural Kubu Gadang, begitu mempesona.

Berbagai macam spot dan gaya foto model dadakan berpakaian Minang saisuak di pematang sawah dan di Pasar Digital Kubu Gadang, menjadi daya tarik hampir seratusan fotografer yang hadir dari berbagai komunitas di Sumatera Barat.

Salah seorang fotografer terkenal, Erison J. Kambari, menyampaikan, Kubu Gadang bagi pelaku fotografi, sangat fotogenik dan menarik.

"Bagi kami fotografer, Kubu Gadang dari segi alamnya, keragaman budaya dan kuliner spesifiknya yang dikemas dalam satu lokasi, merupakan hal yang komplit," ujarnya yang dikutip dari Kominfo.

Erison mengaku bersyukur aktivitas di Kubu Gadang kembali hadir dan menggeliat. “Mudah-mudahan ini menjadi titik tolak untuk kembali bangkit setelah masa pandemi Covid-19," harapnya.

Dia juga berharap Kubu Gadang tetap dengan kealamiannya. Tetap terjaga suasana alam yang tenang dengan udara yang segar.

Menurutnya, banyak destinasi wisata yang semula natural, tetapi di perjalanan semakin banyak ornamen hiasan yang mengurangi kealamiannya.

"Akan mengurangi daya tarik bagi fotografer, ketika suatu destinasi wisata penuh dengan hiasan-hiasan. Kami melihat, Kubu Gadang masih terjaga kenaturalannya. Kalaupun ingin menambah bangunan atau hiasan yang mendukung suasananya, jangan sampai mengurangi kenaturalan khas Kubu Gadang," sarannya.

Dikatakannya, kegiatan KGF’21 ini selain untuk berkarya, juga menjadi media bersilaturahmi bagi para fotografer. 

"Sebagai bentuk dukungan, kami hadir bersama-sama meramaikan kegiatan GF’21 ini, dengan kostum yang sesuai dengan tema,” ujarnya.

Rangga Fasetia, salah satu pelaku wisata dari Bangkinang, Kabupaten Kampar menyebutkan, di Kubu Gadang ini banyak hal unik. 

"Di sini, anak-anak bisa main lumpur, menanam padi dan banyak atraksi. Pasarnya juga menarik, belanja dengan koin kayu. Untuk penginapan pun di sini sudah cukup banyak. Kami bersama rombongan menginap dekat dengan lokasi ini," ungkapnya.

Selain itu, pesona Kubu Gadang juga menarik bagi travel agent yang ada di Provinsi Sumateta Barat. Rita dari Biro Perjalanan Crystal Tour dan Eliza dari Saffira Tour Bukittinggi mengakui ini.

Datang dengan berpakaian perempuan Minang saisuak, tak ayal mereka berdua menjadi objek foto bagi fotografer yang hadir. Mereka berdua sengaja berkunjung ke Kubu Gadang dalam rangka survei lokasi sebagai salah satu tujuan dalam  paket wisata bagi pelanggannya masing-masing.

Rita menyebutkan, Kubu Gadang bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang patut dikunjungi di Sumatera Barat. Menurutnya, zaman sekarang dituntut kreativitas dalam mengelola destinasi wisata. 

"Kalau destinasi alam, orang foto sebentar lalu pergi. Di sini lebih banyak pilihan. Banyak ragam kegiatannya. Ada pasar digital yang dapat mengangkat perekonomian warga,” ulasnya.

Rita berharap dapat bekerja sama dengan pengelola Desa Wisata Kubu Gadang agar semakin banyak variasi dan atraksi yang dihadirkan. Sehingga semakin menambah minat wisatawan yang datang, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama