Atar, Nagari Pengusaha Foto Copy, Talago Biru Menarik Dikunjungi


 Wakil bupati dan rombongan bersepeda di sekitar objek wisata


BATUSANGKAR-Nagari Atar di Kecamatan Padang Ganting terkenal dan sangat familiar dengan foto copy. 

Bahkan di nagari tersebut dibuatkan tugu mesin foto copy oleh perantau dan masyarakat setempat. Tugu foto copy itu juga sebagai aktualisasi masyarakat yang pada umumnya banyak yang membuka jasa foto copy dan tersebar di pulau Sumatera, Jawa dan daerah lain di Indonesia.

“Nagari Atar terkenal dan familiar sekali dengan foto copy, namun tidak hanya itu nagari ini ternyata juga memiliki pesona alam yang indah, seperi Talago Biru ini, telaga yang indah dikelilingi pepohonan dan hawa yang sejuk, sungguh pesona yang luar biasa,“ ucap Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian.

Hal itu dikatakan wabup ketika menghadiri penyerahan beberapa unit sepeda, sepeda tandem dan mobil mainan dari Bumnag Nagari Atar ke pokdarwis nagari tersebut, Rabu (26/01) di Talago Biru Jorong Taratak VIII Nagari Atar.

Dikatakan wakil bupati, potensi alam Talago Biru Atar yang luar biasa itu bisa dikelola dengan baik, dimanfaatkan dan dinikmati bagi masyarakat setempat dan juga perantau maupun tamu-tamu yang berkunjung ke Tanah Datar.

“Dengan sepeda ini pengunjung bisa berkeliling talago bersepeda santai dan juga arena bermain anak dengan mobil ini akan menambah khasanah objek wisata di Talago Buru Nagari Atar ini,” ucap Richi Aprian yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

Wabup menambahkan dengan sudah adanya jalan lingkar di talago itu dan wahana sepeda dan sepeda tandem yang diserahkan bumnag kepada pokdarwis untuk mengelolanya maka ini akan dapat menambah pemasukan bagi bumnag Nagari Atar.

Wabup minta kepada pemerintahan nagari untuk menjaga kebersihan dan keindahan, karena masih ditemukan adanya tumpukan sampah di jalan menuju talago karena itu akan mengurangi keindahan dan pengunjung akan enggan datang. Wakil bupati harapkan hal tersebut menjadi perhatian.

Wali Nagari Atar, Halyu Pardi mengatakan dalam upaya mendukung program Pemkab Tanah Datar Satu Nagari Satu Ivent, maka diupayakan membenahi Talago Biru dengan berbagai fasilitas sehingga nantinya dapat digelar ivent-ivent disini yang dapat mendatangkan pengunjung.

Melalui OPD terkait, Halyu minta agar pemda dapat membenahi sarana dan prasarana di Talago Biru sehingga semakin baik dan menarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung.

Dikatakan Halyu terkait anggaran Rp38 juta lebih diinvestasikan kan pada fasilitas di Talago Biru itu. Ia minta agar pokdarwis dapat memanfaatkan dengan baik sehingga dapat mendatangkan hasil bagi nagari dan juga masyarakat.

Direktur Bumnag Tunas Akar Mandiri Nagari Atar Irwan Fiskardi mengatakan jika Bumnag ini sudah berdiri semenjak 2017 yang lalu dan saat ini sudah mendapatkan kucuran dana dari pemerintah nagari Rp70 juta, dan sudah dipergunakan sebesar Rp38 juta lebih ini untuk fasilitas pendukung objek wisata Talago Biru seperti membeli sepeda dan mobil mainan ini. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama