Babinsa Tersono tak Bosan Ingatkan Warga untuk Pakai Masker


 Personel TNI adakan operasi yustisi


BATANG-Operasi yustisi dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) pengendalian Covid-19 terus dilakukan Babinsa Koramil 06/Tersono. Operasi tersebut menyasar ke warga yang sedang melakukan aktivitas di luar rumah seperti para pedagang, pengunjung pasar, pengunjung warung dan pengendara kendaraan bermotor yang berlalu lalang di sekitar pasar Tersono, Jumat (21/1/22). 


"Pengendalian Covid-19 sangat diperhatikan, bahkan sejak diterapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), operasi yustisi semakin gencar dilakukan," ucap Danramil 06/Tersono, Lettu Kav Siswoyo. 

Siswoyo menambahkan, saat pelaksanaan operasi Yustisi masih ditemukan beberapa orang yang tidak memakai masker, petugas Covid-19 dari Koramil Tersono langsung memberikan masker ke warga yang kedapatan tidak memakai masker secara cuma cuma.

“Masker itu memang diberikan secara gratis, tujuannya agar dapat meminim dan memutus penyebaran virus Covid-19, agar kasus aktif Covid tidak ada lagi di wilayah Kecamatan Tersono khususnya dan Kabupaten Batang umumnya,” ujar Lettu  Siwoyo.

Para pedagang dan pengunjung pasar yang tidak memakai masker diberi masker gratis, bahkan pengendara jalan raya yang tidak pakai masker, turut diberikan masker secara gratis.

Operasi yustisi ini memang menjadi kegiatan rutin yang dilakukan babinsa, namun selain babinsa juga dilakukan dari pihak kepolisian dan pemerintah daerah. Kegiatan dilakukan pagi, siang dan malam hari.

Warga yang ketahuan tidak memakai masker, menurut Siswoyo harus diberi pemahaman tentang penerapan prokes, meskipun sudah menjalani vaksinasi. "Memakai masker di tempat umum itu wajib dilakukan," kata Siswoyo.

Babinsa Desa Tersono Serma Machfud menyebutkan, pembagian masker secara gratis sering dilakukan karena masih banyak adanya warga yang masih belum menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, dan ada juga ditemukan warga yang memakai masker tetapi sudah tidak layak pakai.

Menurut Machfud, masker itu menjadi salah satu program disiplin yang efektif bagi masyarakat, masker menjadi hal yang wajib dipakai dalam beraktivitas sehari-hari, apalagi saat berada di luar rumah. "Ingat dan waspada, saat ini pandemi covid-19  masih ada dan belum berakhir,” ungkapnya. (SAS)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama