Bakal Bangun Sentra IKM, Disnakerin Kampar Belajar ke Payakumbuh


 Jajaran Disnakerin Kampar belajar ke Payakumbuh

PAYAKUMBUH-Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian menerima kunjungan dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (21/1/2022).


Rombongan yang dipimpin Sekdisnakerin Kampar Sasminedi ini diterima oleh Sekdisnakerin Payakumbuh, Usfa Haryanti didampingi Kepala UPTD Novid Ardy dan pejabat fungsional Rendi Pratama 

Sasminedi didampingi Kabid Potensi dan Pengembangan Industri, Kasubag Keuangan dan Aset, serta Kasi Perizinan dan Pengawasan Industri itu menyampaikan kedatangan mereka dalam rangka koordinasi dan konsultasi tentang sentra industri kecil dan industri menengah (SIKIM).

"Kami melihat IKM di Payakumbuh begitu menggeliat, apalagi punya sentra industri randang yang baru pertama kali ada di dunia. Sudah tepat rasanya kami ke sini untuk menggali hal-hal baru yang mungkin bisa kami adaptasi di Kampar," ujarnya.

Rencananya, Disnakerin Kabupaten Kampar dalam waktu dekat ini akan membentuk Sentra IKM. Saat ini Industri rumahan sudah ada seperti industri ikan salai namun belum dikelola dalam bentuk UPTD.

"Kami ingin seperti Payakumbuh yang setiap tahun mendapatkan bantuan anggaran dari kementerian," ujarnya.

Sasminedi menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustriannya yang sudah berbagi informasi terkait SIKIM ini, bahan ini akan disampaikan dan dilaporkan langsung kepada pimpinan mereka sepulang dari Payakumbuh.

"Semoga Payakumbuh dan dengan brand Randang Ikosero semakin berkembang dan lebih dikenal oleh para pecinta kuliner dan pengusaha di seluruh Indonesia bahkan dunia nantinya," tutup Sasminedi.

Usfa Haryanti yang mewakili Kadis Yunida Fatwa menyampaikan selamat datang kepada tamu dari Riau ini di Payakumbuh, the city of randang. Kampar dan Payakumbuh ini punya banyak kesamaan, yang pastinya daerah bertetangga, tentu dalam hal yang bersifat umum ada kemiripan.

"Apa yang sudah menjadi tujuan berkunjung ke sini mendapatkan hasil yang memuaskan dan bisa menjadi bahan rujukan bagi pemerintah daerah Kabupaten Kampar berkaitan dengan SIKIM. Kebetulan pas sekali bertemu langsung dengan orang-orang yang berperan dalam proses perkembangan UPTD Sentra Rendang Payakumbuh," ujar Usfa. (CAN)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama