Tim Jatanras Bekuk Pembakar Mobil Lapas, Aksi Dikendalikan Napi Narkoba

Kapolda Riau, Irjen M. Iqbal


PEKANBARU-Pembakaran mobil dinas Kepala Pelaksana Keamanan Lapas (KPLP), Lapas Kelas II Pekanbaru diduga disutradarai seorang napi dari dalam lapas.  Terduga hubungi tujuh pelaku pakai HP dari dalam penjara.


“Otak pelaku berinisial RS, tepat berada di belakang saya, dia merupakan (narapidana) tahanan di lapas, kita ambil dan nanti akan dilakukan proses penyelidikan, dan sanksi pidana berikutnya,” kata Kapolda Riau, Irjen Muhammad Iqbal didampingi Dirkrimum Kombes Teddy Ristiawan, Selasa (25/1/2022).

Kabid Humas Kombes Sunarto membeberkan, motif pembakaran mobil dinas KPLP Lapas Kelas II Pekanbaru, Efendi Parlindungan Purba, karena otak pelaku RS sakit hati karena HP-nya disita.

“Terduga pelaku RS merasa sakit hati dan dendam terhadap korban selaku Kepala PLP Lapas Kelas II-A Pekanbaru karena pada saat ada razia internal lapas pada Juni 2021, dimana HP yang bersangkutan diambil dan tidak dikembalikan sampai dengan saat ini,” kata Sunarto.

Lantaran sakit hati, kemudian RS menghubungi teman-temannya untuk membakar mobil KPLP Lapas Kelas II Pekanbaru.

Diketahui, delapan pelaku yang ditangkap adalah BH yang mencari eksekutor. Lalu pria berinisial RI dan YR yang menunjuk lokasi, RS otak pelaku, FS sebagai perantara antara RS dan FF yang menghubungkan RS dan BH. Kemudian pria berinisial TT selaku eksekutor, dan DG sebagai joki atau yang mengumpulkan para pelaku.

Mereka disangkakan dengan Pasal 187 KUHP, ancaman hukuman 12 tahun penjara, melakukan pembakaran dengan sengaja yang dapat membahayakan masyarakat umum.

Insiden pembakaran mobil dinas KPLP Lapas Kelas II Pekanbaru, Efendi Parlindungan Purba ini terjadi pada Kamis (20/1/2022) dinihari, sekitar pukul 04.00. Awalnya Efendi dibangunkan oleh ketua RT setempat.

Ketua RT yang pertama kali memberitahu kepada Efendi kalau mobil dinas BM 1442 TP yang terparkir di depan rumah Efendi terbakar.

Efendi terbangun dan mengambil selang air untuk memadamkan api. Setelah api padam warga menemukan botol mineral yang berisikan sisa BBM jenis pertalite. (ES)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama