Musrenbang akan Wujudkan Pembangunan yang Partisipatif

 Musrenbang di Kecamatan Payakumbuh Barat


PAYAKUMBUH-Wali kota yang diwakili Staf Ahli Wali Kota Herlina membuka musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan di Payakumbuh Barat yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Payakumbuh Barat, Selasa (8/2/2022).


Herlina mengatakan, musrenbang yang dilaksanakan merupakan salah satu wadah untuk menyerap aspirasi masyarakat dalam upaya mewujudkan pembangunan yang partisipatif.

"Ini semua agar pembangunan 2023 dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena direncanakan secara bersama berdasarkan kondisi, potensi dan permasalahan yang kita hadapi sehari-hari," kata Herlina.

Herlina menyebut, peran serta masyarakat dalam pembangunan juga sangat diperlukan agar tercapainya tujuan pembangunan yang telah ditetapkan, serta kepedulian masyarakat untuk pemeliharaan sarana dan prasarana agar dapat berfungsi dan bermanfaat untuk jangka waktu lama.

"Dengan banyaknya keterbatasan kita, kami mengajak kita semua untuk memanfaatkan, menjaga dan memelihara sarana dan prasarana yang sudah ada, agar nantinya pemerintah lebih fokus membangun fasilitas baru, dan tidak lagi memperbaiki fasilitas yang sudah ada," ajaknya.

Camat Payakumbuh Barat, Ul Fakhri mengatakan, pada musrenbang di tingkat kecamatan ini sarana infrastruktur tetap menjadi primadona untuk rencana pembangunan di tahun 2023 mendatang.

"Lantaran banyaknya usulan untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur baru dari setiap kelurahan saat pra musrenbang di tingkat kecamatan, maka kita ambil saja tiga usulan terbaik dari setiap kelurahan. Dari hasil tersebut di Payakumbuh Barat diusulkan 51 pembangunan fisik dan 14 usulan pembangunan non fisik," tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serta instansi vertikal, forkopimca, lurah, Ketua KAN Koto Nan Ampek, Ketua LPM dan TP-PKK serta tokoh masyarakat. (AA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama