50 Tahun Sudah PKK Hadir di Indonesia


Pencanangan bulan bakti dasawisma IX di Payakumbuh


PAYAKUMBUH-Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 dan pencanangan Bulan Bakti Dasawisma IX tingkat Payakumbuh berlangsung meriah di lantai tiga kantor wali kota, Selasa (22/3/2022).


Kegiatan itu dihadiri Asisten II Elzadaswarman, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) AH Agustion, Wakil Ketua 1 TP PKK Elfriza Zaharman dan ibu-ibu PKK kecamatan dan kelurahan .

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Erma Yunita selaku ketua panitia pelaksana memaparkan ada beberapa kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan hari kesatuan gerak PKK ke 50 dan pencanangan bulan bakti dasawisma itu.

Ada lomba ekpose ketua tim penggerak PKK kelurahan, lomba menjujai dengan tema pembinan anak dan remaja era digital, lomba bazar produk UP2K PKK, lomba menu B2SA isi piringku dengan pencegahan stunting bagi ibu hamil, lomba penyuluhan dengan tema keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana peduli stunting menuju prilaku hidup bersih dan sehat, serta ada juga lomba yel-yel dengan tema program pokok PKK.

Ketua TP PKK Payakumbuh Henny Yusnita Riza Falepi diwakili Wakil Ketua 1 Elfriza Zaharman menyampaikan, peringatan hari kesatuan gerak PKK ke-50 kali ini menjadi sangat istimewa karena hari ini merupakan peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia. 

"Kita menginginkan agar gerakan PKK kembali pada ruhnya, sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Artinya apa? Keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang juga harus kita berdayakan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, maka berarti Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan," kata wanita yang akrab disapa Cece itu.

Cece menambahkan, tema peringatan hari kesatuan gerak tahun ini, lima puluh tahun gerakan PKK: berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama. 

"Tema ini harus melekat dalam hati sanubari kita semua sebagai keluarga besar gerakan PKK. Tema ini juga harus menjadi tekad kita bersama, kita ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprahnya gerakan PKK dalam ikut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat, yang berarti juga untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia," harapnya.

Mantan Kadisparpora itu menambahkan, sepanjang lima puluh tahun perjalanan Gerakan PKK, tentu banyak hal yang telah dilakukan. Dinamika perjalanan gerakan PKK selama ini, bisa menjadi bahan pembelajaran bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan cipta rasa dan karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus. 

Cece mengharapkan agar semua pihak dapat berpartisipasi dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan perlu mendukung kebijakan pemerintah  dalam pengendalian Covid-19, dengan cara ikut menjaga situasi yang kondusif di dalam keluarga maupun lingkungan. Hal seperti ini merupakan implementasi dari bakti gerakan PKK untuk bangsa, dan berbagi untuk sesama. 

Asisten II Ezladaswarman menyampaikan, hakekat peringatan hari kesatuan gerak pkk yang diperingati setiap 4 Maret, agar senantiasa dijadikan momentum dukungan segenap jajaran tim penggerak PKK, untuk melaksanakan 10 program pokok PKK serta kegiatan yang mendukung berbagai program pemerintah.

Om Zet juga mengajak semua yang hadir untuk merenungkan pelaksanaan gerakan PKK dalam mendukung proses pembangunan ternyata telah menunjukan keberhasilan baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional, keberhasilan yang sudah diraih PKK ini, merupakan kerja keras tim penggerak PKK kota kecamatan, dan seluruh kelurahan, kader-kader PKK, serta bimbingan dari OPD terkait selaku pembina PKK. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama