Bertemu Komnas HAM, Ini Kata Kapolda Papua


 Kapolda dan Komnas HAM foto bersama


JAYAPURA-Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri bertemu dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Ahmad Taufan Damanik, Senin (21/3/2022). Pertemuan membahas perlindungan HAM dan situasi keamanan.


Kegiatan berlangsyng di aula Cenderawasih Mapolda Papua dihadiri Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara, PJU Polda Papua, Ka Ops Damai Cartenz-2022, Kombes Muhammad Firman, Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua Frits Ramandey dan Koordinator Bidang Mediasi Komnas HAM Asri Wahono.

Kapolda mengatakan situasi di Papua sangat landai hanya ada beberapa kejadian di Yahukimo yang menimbulkan korban jiwa juga harta benda. Kejadian di Yahukimo menjadikan polisi tetap sabar dalam penegakan hukum agar tetap profesional.

“Akhir akhir ini, isu DOB mulai meningkat, khususnya terkait aksi unjuk rasa penolakan. Kita harap kedepannya tidak terjadi korban jiwa baik dari masyarakat maupun aparat keamanan seperti yang terjadi di Yahukimo,” ucap Kapolda Papua.

Kapolda menambahkan, pihaknya akan terus menggunakan pola soft approach dengan pendekatan terhadap tokoh-tokoh. "Nantinya biarkan para tokoh-tokoh yang memberikan pesan kamtibmas, kami juga akan terus melakukan proses gakkum secara transparan, dengan baik dan profesional,” ungkap Mathius Fakhiri.

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik menyampaikan, koordinasi Komnas HAM dengan Polri tidak hanya ada di Papua, tetapi juga terdapat di seluruh Indonesia. (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama