KKB Berulah Lagi, Rumah Dibakar di Distrik Baya Biru

 Warga melihat rumah yang tinggal puing setelah dibakar KKB


JAYAPURA-Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) belum berhenti mengusik ketenangan masyarakat di Kabupaten Paniai. Kali ini, KKB Lewis Kogoya pimpinan Undius Kogoya melakukan penembakan terhadap personel polri dan pembakaran rumah warga di Distrik Baya Biru, Papua, Sabtu (19/3/2022).


Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Minggu (20/3/2022) mengatakan, awalnya sekitar pukul 15.30 WIT, empat anggota Pos Pol Ndeotadi 99 melaksanakan patroli dengan rute lokasi 99, lokasi 45 dan lokasi 81.

“Ketika anggota patroli hendak kembali menuju ke lokasi 99, tepatnya di tanjakan lokasi 81, Bripda Zulkarnaen Sommeng (posisi paling depan) mendapat gangguan tembakan dari arah, depan namun tidak mengenai Bripda Zulkarnaen Sommeng,” jelas Kabid Humas.

Kabid Humas menjelaskan, atas kejadian tersebut Bripda Zulkarnaen Sommeng langsung melompat ke jurang di sebelah kanan (dari arah lokasi 81) dan  kembali menuju ke Lokasi 81 bersama tiga personel lainnya. Ketika mendapat gangguan tembakan, Bripda Zulkarnaen Sommeng sempat melihat ada dua orang keluar dari semak-semak.

“Melihat gangguan tembakan dari arah depan, tiga personel yang berada di belakang Bripda Zulkarnaen Sommeng langsung membalas tembakan ke arah depan selanjutnya keempat personel Pos Pol 99 menuju kembali ke 81 dan berlindung di salah satu camp masyarakat,” terang Kombes Kamal.

Setelah sempat bertahan dan berlindung di lokasi 81, kembali empat personel menuju ke lokasi 99 dan pukul 20.30 WIT, empat personel yang mendapat gangguan tembakan oleh KKB tiba di Pos Pol 99.

“Dari laporan, diketahui di lokasi 45 terjadi pembakaran dan bunyi tembakan. Titik api berada di dua tempat,” kata Kamal.

Atas kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa. Di lokasi 81 sebanyak sebelas rumah atau camp warga dibakar KKB. Di lokasi 45, empat unit rumah termasuk bangunan perumahan puskesmas serta perumahan guru dibakar. (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama