Musrenbang Terakhir, Riza Falepi Tekankan Enam Hal

Wali kota beri sambutan saat buka musrenbang


PAYAKUMBUH-Wali Kota Riza Falepi menyampaikan agar peserta musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Payakumbuh dapat memperhatikan enam hal, mengingat sedemikian banyak usulan yang dibahas dalam musrenbang yang digelar secara daring dan berpusat di kantor wali kota, Kamis (17/3/2022).


Musrenbang kali ini merupakan musrenbang terakhir yang dilaksanakan pada masa kepemimpinan Riza Falepi-Erwin Yunaz, kepala daerah periode 2017-2022.

Pertama, Riza mengajak seluruh peserta musrenbang, baik pada tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota agar menjadikan pelaksanaan musrenbang ini sebagai forum tertinggi dalam proses penjaringan aspirasi dan kebutuhan masyarakat akan pembangunan.

Kedua, dalam diskusi musrenbang diarahkan untuk mengerucutkan berbagai usulan menjadi usulan prioritas sesuai kemampuan keuangan daerah mengacu pada tema musrenbang tahun ini.

Ketiga, dalam melaksanakan penyusunan berbagai rencana kegiatan tetap memperhatikan prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, ekonomis, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dengan penuh rasa tanggungjawab.

Keempat, secara tepat dan proporsional dapat ditetapkan berbagai kegiatan yang diusulkan untuk dibiayai dari APBD kota, APBD provinsi dan APBN. Untuk kegiatan yang dibiayai dari kedua sumber pendanaan, APBD Provinsi dan APBN dapat dirumuskan untuk diusulkan pada forum perangkat daerah provinsi dan musrenbang provinsi. 

Kelima, memperhatikan arahan Presiden dan Gubernur Sumatera Barat dalam berbagai kesempatan serta arahan Bappeda Sumatera Barat, maka dalam musrenbang ini dapat dirumuskan berbagai rencana kegiatan yang sejalan dengan prioritas dan program kegiatan nasional dan Sumatera Barat. 

Keenam, memperhatikan berbagai masukan pada berbagai pertemuan, hasil reses DPRD dan kesepakatan dengan anggota dewan, maka pembahasan dan penetapan APBD 2023 yang diawali dengan pelaksanaan musrenbang ini dapat dilakukan secara lebih terarah dan sinergis serta dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan masyarakat dan disesuaikan dengan kemampuan pembiayaan pemerintah kota.

Menurut Riza, musrenbang merupakan salah satu cerminan dari rasa kebersamaan dan partisipasi masyarakat, pemerintah, dan stakeholder terkait dalam merumuskan perencanaan pembangunan untuk kemajuan Payakumbuh di masa depan. 

"Kita menyadari sepenuhnya, keberhasilan pembangunan merupakan tanggung jawab bersama antara unsur pemerintahan, dunia usaha dan seluruh elemen masyarakat," kata Riza. (AA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama