Polisi Gelar Operasi Keselamatan Cartenz, Ini Tujuh Pelanggaran Prioritas yang akan ditindak

Dirlantas Polda Papua berikan keterangan pers


JAYAPURA-Direktorat Lalu Lintas Polda Papua menggelar operasi keselamatan bagi para pengguna jalan. Operasi bersandikan Operasi Keselamatan Cartenz 2022  ini digelar mulai Selasa (1/3/2022) hingga 14 Maret 2022.


“Operasi keselamatan ini untuk mencipta kondisi kamseltibcar Lantas menjelang Idul Fitri selama 14 hari," ujar Dirlantas Polda Papua usai apel gelar pasukan di Mapolda Papua, Selasa (1/3/2022).

Selain menciptakan kondisi kamseltibcar lantas yang aman, operasi ini bertujuan menekan masalah Covid-19 agar angka penyebarannya menurun. “Operasi ini akan melibatkan ratusan personel dari polda dan polres jajaran,” kata Dirlantas Kombes M. Nasihin.

Ada tujuh sasaran khusus yang menjadi prioritas selama operasi tersebut antara lain, menggunakan handphone saat berkendara, berbonceng lebih dari satu orang, berkendara dalam pengaruh alkohol.

Selain itu, pengendara yang masih di bawah umur, pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara yang melawan arus hingga pengemudi yang tidak menggunakan safety belt juga akan ditindak.

“Untuk langkah-langkah yang kita gunakan adalah dengan cara preemtif, preventif dan di dukung dengan penegakkan hukum,” katanya.

Dia mengimbau kepada pengemudi kendaraan bermotor untuk membawa seluruh kelangkapan surat kendaraan bermotor serta menggunakan perlengkapan keamanan standar. “Jadi di harapkan setelah pelaksanaan operasi ini kelakuan pengendara di jalan menjadi lebih tertib lalu lintas dengan mematuhi rambu lalu lintas,” katanya. (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama