Seleksi Direksi Perusda Tanah Datar, Bupati Sebut Tidak Ada Intervensi


                                             Bupati Tanah Datar berikan keterangan pers. (prokopim)

 


BATUSANGKAR-Bupati Tanah Datar Eka Putra menjamin penjaringan atau seleksi direksi perusahaan umum milik daerah atau perusda yang tengah berlangsung saat ini jauh dari intervensi. Bupati sebagai kepala daerah menyerahkan sepenuhnya proses penjaringan calon hingga terpilih kepada tim yang telah ditentukan.


”Pemerintah daerah sedang melakukan uji kelayakan dan kapatutan direksi perusda. Ini sudah berjalan, tahap melalui tahap sudah dilewati. Saya sebagai bupati, menyerahkan penuh wewenang ini kepada tim uji kelayakan dan kepatutan (UKK). Jadi tidak ada sama sekali saya intervensi,” kata Eka Putra, Sabtu (5/3/2022).

Eka menyebut, setidaknya ada lima tim UKK dalam penjaringan direksi perusda. Adapun tim UKK itu berasal dari Universitas Negeri Padang dan IAIN Batusnagkar, seperti Tuti Rahmi sebagai ketua, Zulmi Yusra sebagai sekretaris, Yan Ladiah sebagai anggota, Syukri Iska sebagai anggota, dan Afrezian Wirahadi sebagai anggota.

"Kami pemerintah daerah menyerahkan penuh wewenang kepada tim ini. Dari delapan yang mendaftar, lulus administrasi enam orang, dan sekarang tersisa tiga orang. Tidak akan ada tes dari saya lagi. Seperti yang sudah sudah, kan ada. Kalau ada tes dari saya, bisa saja terjadi intervensi. Sekarang tidak, siapa yang diusulkan oleh tim itu yang akan dilantik menjadi direktur perusda," katanya yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

”Tidak ada si A, si B. Sampai detik ini kami tidak pernah berjumpa dengan tim UKK ini. Saya tidak pernah. Artinya, saya tidak ada intervensi,” ujar Eka.

Eka berharap, siapa yang terpilih hendaknya memiliki jiwa entrepreneurship, loyalitas dan integritas. Terlebih saat ini, perumda membutuhkan orang orang yang kreatif dan mandiri, dimana orang yang tidak hanya mengharapkan APBD, melainkan mampu menggaet investor dalam membangkitkan perusda itu sendiri.

Eka berharap, ke depannya butuh orang-orang yang benar-benar mandiri dan bisa mendatangkan investor, dan tidak hanya mengandalkan APBD. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama