Wali Kota Payakumbuh Jadi Narasumber LDK di SMAN 2


 Riza Falepi beri pemaparan di hadapan peserta LDK


PAYAKUMBUH-Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Payakumbuh laksanakan program latihan dasar kepemimpinan (LDK) dengan menghadirkan seluruh pengurus OSIS, majelis perwakilan kelas  dan ekstra kurikuler. Program rutin ini merupakan bertujuan melatih dan mengembangkan jiwa dan mental kepemimpinan.


“Pemimpin yang hari ini menjadi leader atau pemimpin, merupakan individu yang telah melatih dirinya sendiri menjadi pemimpin dari masa sebelumnya,” kata Kepala SMA 2 Dafrimal, Senin (7/3/2022) di aula sekolah itu.

Ia menambahkan, media melatih kepemimpinan diri salah satunya melalui OSIS, MPK, atau ekskul.  Program tahunan ini mengusung tema mempersiapkan regenerasi kepemimpinan yan progresif dalam organisasi yang berlangsung Senin hingga Rabu (7-9 Maret 2022).

Dafrimal menjelaskan, selama kegiatan berlangsung, dilaksanakan penyampaian materi dasar kepemimpinan dan dihari selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan outbound bagi seluruh peserta LDK.

Sekolah itu mengundang Wali Kota Riza Falepi sebagai narasumber. Dalam pemaparan, Riza menjelaskan tentang pengertian organisasi, tujuan berorganisasi, tipe pemimpin, 12 prinsip organisasi dan pola organisasi. Riza Falepi secara aktif berinteraksi dengan para peserta LDK sehingga sesi presentasi menjadi hidup dan interaktif.

Riza sampaikan, dalam menyiapkan calon pemimpin muda yang kreatif dan inspiratif haruslah dimulai dari sekarang, sehingga bagi calon pemimpin ini nantinya 

Riza Falepi menceritakan pengalamannya pada masa bersekolah di tingkat SMA dan kuliah. Ia aktif berorganisasi sehingga pengalaman organisasi saat sekolah dan kuliah tersebut menjadikannya pemimpin seperti saat ini. 

“Semakin tinggi kepemimpinan seseorang, maka ia akan merasa semakin kesepian. Untuk mengatasi hal ini nantinya para calon pemimpin haruslah memiliki sebuah sistem yang terstruktur untuk mengatasi kesepian yang akan dialami,” ungkap Riza. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama