Bersinergi dengan Baznas, Dinas Pendidikan Payakumbuh Salurkan Zakat untuk 25 Mustahik


 Penyerahan zakat kepada msutahik


PAYAKUMBUH-Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh menyalurkan zakat kepada sebanyak 25 orang mustahik (penerima zakat) dari golongan pegawai non PNS di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang terdiri dari Penjaga Sekolah Non PNS/honorer dan THL.


Sebelumnya, pada bulan April tahun 2022, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh berhasil menghimpun zakat dari Muzakki ASN di lingkungan Dinas Pendidikan dan sekolah yang beragama muslim sebesar 2,5 % dari gaji dan tunjangan, dengan nilai yang terkumpul sebanyak Rp.81.000.000,-.

Kemudian, pada hari ini Baznas Kota Payakumbuh juga memberikan kesempatan untuk menyalurkan kembali zakat kepada mustahik yang ada dijajaran Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh sebanyak 25 orang mustahik dengan total zakat yang disalurkan sebesar Rp.12.500.000,- yang mana masing-masing mustahik diberikan bantuan zakat konsumtif ramadhan sebesar Rp.500.000,- .

Penyaluran zakat ini dilaksanakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril dan Ketua Baznas Kota Payakumbuh Hamdi Sofyan dan jajaran di Aula Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Senin (25/4/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril mengatakan pihaknya mendukung penuh kebijakan daerah Kota Payakumbuh terkait optimalisasi zakat terutama dilingkungan ASN Kota Payakumbuh berdasarkan surat dari Walikota Payakumbuh No.450/26/Kesra/2022 dan No.450/61/kesra/2022 tanggal 10 Maret 2022 dengan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh juga mengeluarkan Surat Informasi kepada TK, SD, SMP Negeri se-Kota Payakumbuh dengan No.421/409/sekre/2022 tanggal 8 April 2022 perihal Informasi Penyetoran Zakat ASN.

“Jumlah ini merupakan jumlah yang terbanyak dari semua OPD di Kota Payakumbuh dalam hal pengumpulan zakat ASN,” kata Dasril.

Dasril berharap, di masa yang akan datang di damping optimalisasi dalam pengumpulan zakat, pemberian kuota juga bisa lebih banyak untuk disalurkan kepada para mustahik di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, minimal 60 persen dari dana yang terkumpul dibanding dengan sekarang terutama para mustahik yang terdiri dari siswa yang orangtuanya mengalami kesulitan ekonomi, para guru honorer serta tenaga kependidikan honorer yang ekonominya rentan sehingga zakat dapat berkontribusi untuk peningkatan mutu pendidikan.

Sementara itu, para mustahik menyampaikan rasa terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dan Baznas Payakumbuh.

“Manfaat yang kami rasakan sebagai penerima zakat salahsatunya sangat terbantu dalam hal perekonomian karena kondisi saat ini beberapa harga kebutuhan pokok yang semakin naik saat bulan suci ramadhan,” kata salah satu Mustahik.

Penyerahan zakat itu juga disaksikan Sekretaris Dinas, Roza Aulia, Kabid PTK Danil Defo, Kabid Dikdas Fiqih Rahmat, Kabid Paudni Syafni Hasni, bersama Wakil Ketua Pengumpulan Dana Baznas Edi Kusmana dan Wakil Pendistribusian Zul Aidi. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama