3.999 Kendaraan Menuju Sumbar dari Riau


 Personel Polda Riau patroli ke pemukiman warga



PEKANBARU-Momen lebaran menjadi tradisi masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Terlebih setelah tahun ini pemerintah mengizinkan masyarakat mudik kampung setelah dua tahun masa pandemi Covid-19.


Hal ini tentu menjadi perhatian khusus petugas Kepolisian dalam upayanya menjaga keamanan lingkungan.  Polda Riau melakukan pemantauan di pemukiman dan komplek perumahan warga dengan menggelar patroli jalan kaki, patroli sepeda, patroli bermotor roda dua hingga patroli kendaraan roda empat.

Kapolda Irjen Moh Iqbal melalui Kabid Humas Kombes Sunarto mengatakan, pihaknya bersama sama dengan warga masyarakat di lingkungan komplek melakukan pemantauan dan memastikan situasi kamtibmas tetap terjaga selama sebagian warga mudik lebaran di kampung halaman.

“Kita gelar kekuatan personel baik dari Direktorat Sabhara, pengamanan objek vital hingga perkuatan dari Sat Brimob kita kerahkan untuk melakukan patroli di daerah rawan dan lingkungan kompleks perumahan yang ditinggal warganya mudik lebaran,” ujar Kombes Narto.

Narto mengaku pihaknya melibatkan masyarakat dan petugas keamanan kompleks sehingga situasi dapat terjaga. “Iya, kita libatkan masyarakat yang tidak mudik, dan juga petugas pengamanan swakarsa yang ada komplek pemukiman, hal demikian efektif karena mereka lebih mengenal lingkungan setempat, dan sejauh ini situasi keamanan kondusif,” sambungnya.

Disinggung tentang arus lalu lintas mudik lebaran, mantan Kabid Humas Sultra tersebut mengatakan stuasi lalu lintas pasca Idul Fitri di jalur lintas utamanya jalur Riau-Sumatera Barat masih terbilang padat. 

“Lebaran hari kedua, jumlah kendaraan yang keluar dari Riau menuju Sumbar 3.999 unit yang terdiri atas roda dua sebanyak 1.559 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 2.440 unit. Meski begitu, situasi lalu lintas masih terkendali dan tidak terjadi kemacetan,” ungkapnya Rabu (4/5/2022).

Dirincikan dia, volume kendaraan dibandingkan hari sebelumnya, Senin (2/5/2022), volume arus keluar naik sebanyak 2.456 unit atau lebih kurang 49,44 persen. Sedangkan arus masuk ke Provinsi Riau juga mengalami kenaikan sebanyak 1.468 unit atau 59,19 persen.

Diperkirakan dia, arus puncak balik mudik lebaran akan terjadi pada Jumat (6/5/2022) sampai dengan Minggu (8/5/2022). Masyarakat diminta untuk tetap terus berhati-hati selama berkendara saat mudik lebaran. Yakni dengan meningkatkan kewaspadaan serta keamanan dalam berkendara.

"Tetap utamakan keselamatan dan keamanan dalam berkendara. Periksa kondisi kendaraan sebelum berangkat, pastikan menggunakan perangkat keselamatan berkendara. Seperti helm hingga sabuk pengaman untuk roda 4. Yang terpenting jangan paksakan mengemudi bila dalam keadaan mengantuk," pesan Sunarto. (ES)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama