Pariwisata Nagari Andaleh Mulai Menggeliat


 Tarian dalam pembukaan pekan kesenian di Nagari Andaleh. (prokopim)


BATUSANGKAR-Setelah dilaunching Bupati Eka Putra pada 27 Februari lalu, program unggulan satu nagari satu event telah dimulai. Dari 14 nagari yang akan melaksanakan di tahun ini, Nagari Andaleh perdana melaksanakan dan dibuka Bupati Eka Putra, Rabu (4/5/2022) di Lapangan Balai Desa Jorong Andaleh, Nagari Andaleh Baruah, Bukik Kecamatan Sungayang.


Kegiatan itu bernama Sepekan Kesenian Alek Anak Nagari Andaleh Baruah Bukik 2022. Eka Putra mengatakan, 75 nagari di Tanah Datar memiliki berbagai potensi wisata yang bisa diangkat dan dikemas menjadi objek daya tarik wisata, baik wisata budaya, sejarah, alam, kesenian maupun kuliner spesifik yang enak.

“Ini awal dengan event alek anak Nagari Andaleh ini yang sudah masuk ke dalam progul. Kita berharap dapat mengangkat pariwisata Tanah Datar dan dengan adanya bazar kuliner dan produk home industry yang dipasarkan disini juga akan menggeliatkan UMKM dan ekonomi masyarakat juga akan membaik,” ujar Eka Putra yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

Dikatakan Eka Putra, dengan dibukanya satu nagari satu event tersebut yang mana membangun pariwisata dari nagari ini dunia luar akan semakin mengetahui adat dan budaya daerah maupun kuliner khas atau minuman seperti nira telur dan aneka makanan khas lainnya dengan terus memviralkan di berbagai media.

Dengan hadirnya Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Eka Putra berharap ada perhatian pemprov untuk membangun pariwisata di Tanah Datar yang juga akan menopang pariwisata di Sumatera Barat.

“Kami yakin dan percaya di saat Idul Fitri ini banyak perantu yang pulang kampung, ini juga sebagai momentum menggeliatnya kembali pariwisata kita,” tambahnya.

Wali Nagari Andaleh, Albayani Dt. Paduko Besar menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah dan unsur terkait yang telah mendukung dan menyukseskan satu nagari satu event yang telah dimulai itu dan perdana di Nagari Andaleh.

Dikatakan Albayani, kegiatan sepekan alek anak Nagari Andaleh ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat di kampung halaman maupun dari perantauan dan berharap ini juga menjadi kalender event daerah sehingga menjadi destinasi tujuan bagi wisatawan yang berkunjung ke Tanah Datar.

Ketua Pokdarwis Nagari Andaleh, Efrido Djamhur mengatakan sepekan alek anak nagari ini juga dimeriahkan penampilan atraksi atraksi dari kearifan lokal nagari seperti pencak silat, tari piriang, lukah gilo, cimuntu yakni legenda peladang yang turun gunung dengan berpakaian unik dari ijuk enau, dan atraksi menarik lainnya. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama