Awal Puasa Berbeda, Lebaran Sama


 Yaqut Cholil Qoumas. (CNN Indonesia)



JAKARTA-Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 2 Mei 2022. Ketetapan itu dikeluarkan berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama. Awal puasa dulunya berbeda antara Muhamadiyah dengan pemerintah. Namun, dalam Lebaran, ada kesamaan. Sama-sama ditetapkan 2 Mei 2022.


Anggota Komisi VIII DPR, Yandri Susanto mengatakan, penetapan itu sebagai sesuatu yang luar biasa karena masyarakat bisa merayakan Idul Fitri secara bersamaan.

"Alhamdulillah sudah kita dengar tadi, Insya Allah besok 2 Mei 2022 akan kita rayakan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H. Oleh karena itu kami dari Komisi VIII menyambut baik ini, sungguh luar biasa kita bisa bersama-sama merayakan Idul Fitri secara serentak di manapun berada," ujarnya yang dikutip dari detikcom.

Sidang isbat digelar di Kementerian Agama, Jakarta, Minggu (1/5/2022). Sidang isbat dihadiri terbatas secara fisik karena masih dalam kondisi pandemi Corona. Sejumlah undangan mengikuti sidang isbat secara online.

Sidang isbat dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Sidang isbat juga dihadiri oleh pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, ormas Islam, hingga ahli astronomi.

"Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk serta laporan hilal sudah terlihat. Secara mufakat tadi 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022 Masehi," ujar Yaqut yang dikutip dari detikcom. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama