Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Peran UMKM Diperlukan


 Tari tradisional Minangkabau. (prokopim)


TANAH DATAR-Percepatan pertumbuhan ekonomi di Tanah Datar perlu dukungan dari semua pihak, sehingga ekonomi kerakyatan yang dilakoni pengusaha industri rumah tangga, industri kecil maupun menengah dapat bergerak secara konsisten.


Di sisi lain pemerintah daerah tengah berupaya menciptakan usahawan baru  dan lapangan kerja per tahun melalui program unggulan (progul) tertuang di RPJMD Tanah Datar, progul tersebut berkaitan erat dengan para pelaku UMKM.

Hal itu disampaikan Bupati Eka Putra saat membuka festival UMKM se Indonesia yang digagas OK OCE Winner Indonesia di halaman Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar, Sabtu (7/5/2022).

“Membaiknya pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat di setiap tahun, tidak lepas dari kontribusi para pelaku UMKM. Dari kegiatan seperti inilah yang akan mendorong dan menggerakkan UMKM daerah,” ujar Eka yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

Tidak hanya itu, Bupati Eka mengatakan melalui festival UMKM se Indonesia itu, dapat menjadi wadah promosi produk UMKM yang berdampak ke perluasan pemasaran.

“Kegiatan ini menjadi wadah promosi produk UMKM, apalagi acara tersebut terselenggara di salah satu destinasi wisata unggulan Sumatera Barat yang menjadi kebanggaan masyarakat Tanah Datar, yakni Istano Basa Pagaruyung, manfaatkan peluang ini secara optimal, kedepankan senyum, salam dan sopan,” ujar Bupati Eka.

Bupati Eka mengapresiasi OK OCE Winner yang telah menyelenggarakan Festival UMKM se Indonesia. “Kita apresiasi kegiatan Festival UMKM se Indonesia, ini merupakan wujud nyata dan tekad yang kuat dari OK OCE Winner, untuk mempromosikan produk–produk barang dan jasa, termasuk potensi makanan–minuman, handicraft serta kerajinan dan lainnya,” ujar Eka.

Ketua Umum OK OCE Winner Indonesia Tarmizi mengatakan melalui festival UMKM Indonesia, para pelaku UMKM menambah relasi, kelekatan budaya, kreatifitas dan kemadanian masyarakat.

Ia mengatakan terselenggaranya Festival UMKM se Indonesia di Luhak Nan Tuo, tidak lepas dari semangat pemerintah daerah mempromosikan produk UMKM pada kesempatan apa pun.

“Kita meyakinkan DPP OK OCE Winner Indonesia untuk menyelenggarakan Festival UMKM se Indonesia di Istano Basa Pagaruyung karena semangat yang ditunjukan pemerintah daerah mempromosikan produk UMKMnya di mana pun berada,” ujar Tarmizi. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama