Pengelolaan Pantai Air Manis Disorot Komisi III DPRD Padang

Anggota Komisi III DPRD Padang kunjungan lapangan ke Pantai Air Manis


PADANG-Sebanyak 4.000 lebih warga dari berbagai daerah di Indonesia diprediksi meramaikan gelaran Rapat Kerja Nasioanl Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) 2022 yang dihelat Agustus mendatang di Padang.


Dengan telah diluncurkan beberapa waktu lalu, itu menandandakan Padang siap sebagai tuan rumah.  Tak kurang dari 90 kota di seluruh Indonesia akan berpartisipasi pada rangkaian kegiatan tersebut.

Wali Kota Hendri Septa pernah mengatakan, kedatangan para peserta rakernas akan menggerakkan roda perekonomian warga yang tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Apeksi diharapkan menjadi momentum peningkatan ekonomi masyarakat, salah satunya melalui wisata di pantai.  Para tamu dipastikan akan mengunjungi destinasi wisata tersebut. 

DPRD Padang ingin memastikan objek wisata tersebut siap menerima peserta Rakernas Apeksi.  DPRD Padang melalui Komisi III melakukan hearing dan kunjungan lapangan dengan stakeholder terkait ke kawasan wisata Pantai Air Manis. 

Di sini Komisi III melihat pembangunan kios yang direncakan untuk pembenahan di kawasan tersebut.  Setelah melihat langsung kondisi dan bangunan di kawasan wisata itu, Komisi III kecewa. 

Anggota Komisi III,Surya Jufri mengatakan, perlu dilakukan pembenahan yang lebih serius, terutama kebersihan lokasi wisata dimana ditemukan tumpukan sampah.

Selain itu, perlu juga dilakukan pembenahan terhadap sarana dan prasarana yang belum termanfaatkan, seperti belum tersedianya air di WC umum yang baru selesai dibangun, kios-kios yang baru yang belum termanfaatkan. 

"Kios ini harus dimanfaatkan segera agar tidak mudah rusak karena tidak dimanfaatkan," katanya.

Anggota Komisi III lainnya, Osman Ayub mengatakan  secara fisik pekerjaan sudah PHO. Namun, Osman mempertanyakan jika memang dinyatakan sudah siap kenapa kios–kios ini tidak langsung digunakan. 

Osman menyatakan ketidaksenangannya melihat kondisi yang tersaji. Dia mengatakan tentu akan ada risiko dan rekomendasi dari DPRD, perlu dilakukan evaluasi terhadap kinerja kepala dinas terkait.

Kekecewaan juga diungkapkan Ketua Komisi III Boby Rustam. Ia meminta PSM selaku pengelola lokasi wisata kebanggan orang Padang ini untuk lebih professional melakukan tata kelola baik secara manajemen maupun secara teknis. Disamping perlunya dilakukan pengawasan oleh stakeholder terkait.

Boby Rustam mengatakan, menindaklanjuti permasalah ini, Komisi III akan memanggil instansi terkait untuk memberikan penjelasan terkait kondisi di kawasan wisata Pantai Air Manis tersebut. Pemanggilan dijadwalkan pada 6 Juni mendatang. (#Humas DPRD Kota Padang)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama