Asahan Ingin Menjadi Kabupaten yang Inovatif

 Bupati Asahan buka FGD laboratorium inovasi


ASAHAN-Pemerintah Kabupaten Asahan bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) menggelar focus group discussion laboratorium inovasi dalam mensukseskan program prioritas Pemerintah Kabupaten Asahan.


Kegiatan FGD yang diikuti OPD, Kepala Bagian di lingkungan Setdakab Asahan, camat dan tim koordinasi penguatan sistem inovasi daerah Asahan (SIDA) dibuka Bupati Surya di aula Melati kantor bupati, Senin (27/6/2022).

Kepala Bappeda yang diwakili Sekretaris Bappeda Asahan, Muhammad Syafiq melaporkan, kegiatan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38/2017 tentang Inovasi Daerah. Pada BAB IV Pasal 16 ayat (2) disebutkan, uji coba inovasi daerah dilakukan pada perangkat daerah yang ditugaskan melaksanakan inovasi daerah sebagai laboratorium uji coba.

Syafiq melaporkan, tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya kerja inovasi di lingkungan perangkat daerah Kabupaten Asahan. Selanjutnya untuk fasilitas, asistensi dan pendampingan OPD dalam penyelenggaraan inovasi.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari yang dimulai Senin sampai dengan Kamis, 27-30 Juni 2022 dan diharapkan hasil dari FGD ini akan ditindaklanjuti masing-masing OPD untuk melahirkan dan mengembangkan inovasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing," kata Syafiq.

Bupati Surya mengatakan, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Asahan Nomor 3/2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Asahan, peningkatan inovasi tercantum dalam misi ke-1 yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif, inovatif, profesional, dan akuntabel. Salah satu indikator sasaran yang ditetapkan dalam misi tersebut adalah Indeks Inovasi Daerah yang ditargetkan sebesar 70 poin pada akhir 2026.  

"Oleh karenanya, kegiatan laboratorium inovasi ini agar dijadikan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Asahan dalam rangka peningkatkan indeks inovasi daerah tersebut," ucap bupati.

Bupati mengatakan, pelaksanaan FGD ini sangat strategis untuk menggali ide-ide inovasi dari OPD serta kecamatan se-Kabupaten Asahan. "Mudah-mudahan, melalui upaya-upaya yang kita lakukan beberapa tahun ke depan Asahan dapat menjadi salah satu kabupaten sangat inovatif di Indonesia," katanya. 

 Para peserta FGD diberikan materi oleh Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN RI Hartoto dan Pejabat Analisis Kebijakan LAN RI Tyas Wahyu Fadhila.

Hadir juga sekretaris daerah dan pejabat lainnya  di lingkungan Pemkab Asahan.(YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama