Perantau Sungayang Diminta Promosikan Produk Kampung Halaman

 Wabup Tanah Datar dan perantau Sungayang. (prokopim)


JAKARTA-Perantau merupakan salah satu potensi yang mampu mendorong percepatan pembangunan daerah dalam menggerakkan roda perekonomian. Banyak cara bagi perantau untuk membangun daerah, salah satunya dengan turut mempromosikan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di kampung halamannya. 


Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Richi Aprian saat menghadiri rapat umum Persatuan Warga Sungayang (PWS) Jakarta dan sekitarnya di Balairung Hotel Jakarta, Minggu (26/6/2022).

 Richi mengatakan, sinergitas yang selama ini terbangun antara pemerintah daerah dan perantau perlu ditingkatkan. “Besar harapan kami kepada seluruh perantau khususnya PWS Jakarta sekitarnya bersama-sama memberikan perhatian untuk meningkatkan sinergitas demi terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Richi yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar. 

Contohnya, menurut Richi, di bidang UMKM perantau bisa mempromosikan produk asli dari kampung, khususnya Nagari Sungayang yang selama ini telah terkenal dengan makanan khas seperti rendang belut, sarikayo dan durian. 

Wabup berharap PWS mau membentuk sebuah koperasi yang mampu menampung dan mempromosikan produk olahan UKM yang ada di kampung halaman. "Koperasilah yang nantinya membuat kemasan sedemikian rupa sehingga sarikayo, durian dan lain sebagainya bisa dipasarkan disini, ini tentu akan membantu perekonomian warga yang di kampung," terang Richi. 

Selain itu, tambah wabup, di tengah kondisi yang serba terbatas pemerintah daerah telah bekerja keras memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya. "Terbukti, banyak penghargaan berskala provinsi maupun nasional telah diraih, ini tentu berkat kerjasama semua pihak termasuk perantau," ujar Richi. 

Ketua PWS Jakarta dan sekitarnya Yul Hendri sampaikan perantau Sungayang siap bersinergi untuk membangun kampung halaman dan mendukung program pemerintah daerah. 

"PWS juga memiliki beberapa program diantaranya pembagian paket sembako, sosial  pendidikan dan kesehatan dan kegiatan sosial lainnya, serta pada tahun lalu juga diserahkan satu unit ambulan kepada walinagari Sungayang," ungkap Yul Hendri.  

Majelis PWS  Brigjen Roedy sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah Tanah Datar yang perhatian kepada seluruh perantau. "Melalui wadah ini akan mempererat persaudaraan dan silaturahim sesama perantau dan pemerintah daerah dalam mensinergikan program kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya," ungkapnya.  (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama