Kelompok Asman Aloe Vera Dinilai Tim Provinsi


Foto bersama dengan tim penilai

PAYAKUMBUH-Tim penilai lomba asuhan mandiri tanaman obat keluarga (Asman Toga) dan akupresur tingkat Sumatera Barat 2022 verifikasi lapangan ke Kelompok Asman Aloe Vera, Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis (16/6/2022).


Penilaian tersebut dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik Herlina, Kepala Dinas Kesehatan Yuniri Yunirman, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, para lurah serta niniak mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat.

Herlina mengatakan, dengan adanya asman toga ini, khususnya Asman Aloe Vera di Padang Tinggi Piliang, masyarakat terbantu dengan adanya obat yang ditanam mandiri di pekarangan rumah.

"Masyarakat tidak ketergantungan dengan obat-obatan kimia dan juga tumbuhan obat ini juga bisa digunakan menjadi pengobatan akupuntur yang bisa membantu masyarakat dengan pertolongan pertama," ujar Herlina

Ditambahkan Herlina, selain dijadikan tanaman obat, kelompok Asman Aloe Vera dapat memanfaatkan tumbuhan tersebut menjadi olahan makanan lezat yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. 

"Tumbuhan Aloe Vera tidak hanya dijadikan tanaman obat tetapi juga dapat diolah menjadi makanan yang lezat dan memiliki nilai jual. Contohnya saja seperti puding aloe vera, nuget aloe vera, jus aloe vera keripik daun kelor dan keripik sirih dan ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," terangnya. 

Herlina Berharap dengan adanya berbagai inovasi yang dihadirkan Asman Aloe Vera, tim memberikan nilai terbaik kepada kelompok Asman Aloe Vera sehingga nantiknya menjadi yang terbaik di Sumatera Barat bahkan sampai ke nasional. 

Kepala Dinas Kesehatan, Yuniri Yunirman mengatakan pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujudnya peningkatan derajad kesehatan masyarakat melalui toga dan menguatkan peran akupresur. 

"Dengan dibentukya kelompok Asman Aloe Vera diharapkan dapat meningkatkan derajad kesehatan masyarakat dengan memanfaatkan tanaman obat disekitar kita,"  kata Yuniri,

Pihaknya sangat berterina kasih kepada OPD terkait yang telah mendukung adanya Asman Aloe Vera khusunya kepada Puskesmas Parit Rantang, Payolansek dan Ibuh yang telah memberikan pembinaan dan informasi kepada kelompok Asman Aloe Vera. 

Ketua tim penilai dokter Viona Liza mengatakan kedatangan tim verifikasi dalam rangka untuk memenuhi tugas Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk melakukan penilaian Asman Toga dan Akupresur. 

"Penilaian ada beberapa kategori mulai dari keluarga binaan, kader, PKK kelurahan dan kecamatan, serta Dinas kesehatan," katanya

Dijelaskan Viona, Asman Toga dan Akupresur ini dikembangkan dari masyarakat sendiri, karena sudah lama dan sudah cukup dikenal dimasyakarat dan pihaknya hadir untuk memberikan motivasi.

"Penilaian ini untuk membangkitkan semangat di masyarakat maupun pihak terkait agar bisa lebih memanfaatkan Toga dan Akupresur, sebab inti dari penilaian ini adalah benar-benar untuk mengetahui pemanfaatan Toga dan Akupresur," kata Viona

"Dari hasil penilaian nantinya akan diketahui apakah Toga dan Akupresur sudah dimanfaatkan atau tidak, disamping kesehatan tradisional ini perlu disosialisasikan dan dikembangkan di masyarakat karena sangat penting," katanya. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama