Pembangunan Tol Padang-Sicincin Berlanjut, Pembebasan Lahan Ditarget Selesai Juli


Wagub pimpin rapat pembangunan tol Padang-Pekanbaru


PADANG-Proses pembebasan lahan proyek tol Padang-Pekanbaru, ruas Padang-Sicincin terus berlanjut. Hingga kini, pembebasan sudah mecapai 61.9 persen, dengan rincian 920 bidang telah dibebaskan dari total 1.485 bidang tanah. Termasuk di antaranya tanah milik masyarakat, fasilitas umum dan konsinyasi.


Wakil Gubernur Audy Joinaldy mengungkapkan, pembebasan tanah ditargetkan selesai pada Juli 2022. Dia mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir, karena dana untuk UGK saat ini sudah tersedia di LMAN. Ia juga mengatakan pihaknya selalu intens berkomunikasi dengan LMAN.

"Ini kan sudah 62 persen, yang lain masih dalam proses. Kalau untuk pembayaran, Direktur LMAN sudah bicara dengan kami, bahwa dana tersedia dari LMAN untuk menuntaskan pembebasan tanah Padang-Sicincin," kata wagub dalam rapat yang membahas percepatan pembebasan tol bersama Direktur Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan, Kementerian ATR/BPN, Embun Sari di Padang, Senin (6/6/2022).

Sementara untuk sisa proses pembebasan lahan yang ditargetkan selesai pada Juli mendatang, menurut wagub tidak ada lagi kendala yang berarti, karena semua permasalahan sudah dirinci dan diuraikan penyelesaiannya. "Kendala tidak ada, hanya menunggu proses administrasi saja yang saat ini sedang diproses BPN," katanya.

Dirjen Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan, Embun Sari menyampaikan, semua persoalan teknis sudah diuraikan dan sudah ada solusinya. Adapun kendala yang berhubungan administrasi menurutnya disebabkan adanya kekurangan tenaga di BPN Kantor Wilayah Sumatera Barat.

"Semua sudah ada solusinya, menunggu waktu saja. Memang kita kekurangan tenaga, karena itu dalam waktu dekat kita akan bantu pinjamkan dari Kantor Pertanahan Kota Padang, kita tambah anggotanya," jelas Embun Sari.

Dijelaskan juga bahwa sembari pembebasan tanah berjalan, proses pengerjaan jalan tol terus berlangsung pada bidang yang sudah dibebaskan. Sejauh ini progres pembangunan yang sudah diselesaikan mencapai sembilan kilometer. (Dinas Kominfotik Sumbar)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama