Atasi Kemiskinan Melalui Pendidikan, Pemko Pariaman Kerja Sama dengan Unand

 Rektor dan wali kota perlihatkan naskah kerja sama


PADANG-Pemerintah Kota Pariaman gandeng Universitas Andalas dalam bidang pendidikan sebagai langkah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan oleh kedua belah pihak, Rabu (28/9/2022) di ruang rapat senat, Kampus Limau Manis, Padang.  

Naskah kerjasama ini ditandatangani Rektor Prof. Yuliandri dan Wali Kota Genius Umar. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Wakil Rektor I Unand dengan Sekretaris Daerah Kota Pariaman, tentang penerimaan mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi masuk berdasarkan kerjasama.

“Kerja sama Ini upaya kita dalam mengatasi kemiskinan di Kota Pariaman. Kemiskinan menyebabkan orang tidak bisa sekolah dan tidak sekolah membuat orang menjadi miskin. Kita sudah berusaha memperbaikinya dari berbagai bidang dan lembaga, namun belum ada perubahan yang signifikan sehingga kami membentuk program yang bersifat lintas sektoral, yaitu program satu keluarga satu sarjana (Saga Saja) dan langkah konkret lainnya dengan mengandeng perguruan tinggi seperti Universitas Andalas," kata Genius Umar.

Wali kota menjelaskan, program Saha Saja ini berfokus pada pendidikan yang menjadi fundamental untuk meningkatkan kesejahteraan dan menurunkan angka kemiskinan. “Melalui program ini, kita menjalin kerjasama dan mengirim anak-anak Pariaman ke perguruan tinggi," katanya.

Wali kota menambahkan, tahun ini, Pemko Pariaman mengirim 14 mahasiswa menempuh pendidikan di Universitas Andalas. "Kita berharap setelah dilaksanakannya kerjasama ini semakin banyak putra-putri Kota Pariaman yang menempuh pendidikan di Universitas Andalas," kata wali kota.

Rektor menyambutkan baik atas kerja sama yang dilakukan. Rektor menyampaikan keterbukaan Unand dalam menerima mahasiswa, khususnya yang masuk dengan dukungan pembiayaan dari pemerintah seperti program Kartu Pariaman Pintar. 

“Unand siap memberikan layanan pendidikan terbaik kepada seluruh masyarakat Kota Pariaman yang ingin menempuh pendidikan. Selain itu, banyak program yang tentunya bisa kita kerjasamakan, seperti program magang bersertifikat, program merdeka belajar kampus merdeka serta program lainnya,” ujar Rektor Yuliandri. (ZK)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama