Bakar Talago Meriahkan Gebyar Pesona Talago Biru Atar

 Gebyar Pesona Talago Biru Atar berlangsung meriah. (prokopim)


BATUSANGKAR-Guna memperkenalkan kearifan lokal di setiap nagari, pemerintah daerah membuat program unggulan satu nagari satu iven. Kali ini dilaksanakan Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting yang diberi nama Gebyar Pesona Talago Biru Atar.


Kegiatan tersebut dibuka Bupati Eka Putra didampingi Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt. Bungsu beserta anggota,  mantan bupati M.Shadiq Pasadigoe, sejumlah kepala OPD, pimpinan BUMN, camat dan wali nagari se-Tanah Datar dan tokoh perantau Atar.

Kegiatan pembukaan ditandai dengan bakar Talago dan memandikan kerbau oleh Bupati Eka Putra. Bakar Talago secara filosofi diyakini masyarakat Atar sebagai bentuk sujud syukur atas panen dan suatu bentuk kegembiraan.

Selain itu, dalam acara tersebut juga muncul kembali kebudayaan lama ke permukaan, seperti budaya memandikan kabau batanduak ameh, mambaka talago, pacu ondan (berenang menggunakan satu batang bambu) dan berenang menggunakan kelapa sebagai tradisi lama yang tidak dilaksanakan.

Bupati Eka Putra mengatakan, Gebyar Talago Biru Nagari Atar akan menjadi daya tarik bagi masyarakat sendiri, wisatawan dan khususnya bagi perantau Tanah Datar mendorong untuk pulang kampung melihat kekayaan budaya yang muncul setelah dilaksanakannya satu iven satu nagari ini.

Wali Nagari Atar Halyu Pardi mengatakan dalam upaya mendukung program Pemkab Tanah Datar Satu Nagari Satu Ivent, diupayakan membenahi Talago Biru dengan berbagai fasilitas sehingga nantinya dapat digelar ivent-ivent disini yang dapat mendatangkan pengunjung.

Halyu Pardi juga meminta pemda melalui OPD terkait Halyu kiranya dapat membenahi sarana dan prasarana di Talago Biru, sehingga semakin baik dan menarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung.

"Anggaran yang diinvestasikan Bumnag  Rp38 juta lebih, kami berharap pokdarwis dapat memanfaatkannya dengan baik sehingga dapat mendatangkan hasil bagi nagari dan juga masyarakat," terang Halyu Pardi yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

Halyu juga harapkan kepada pemerintah daerah yang sangat di butuhkan fasilitas secepatnya yaitu mck dan taman bermain. Gebyar Talago Biru Nagari Atar akan berlangsung selama dua hari, 3-4 September dengan menampilkan berbagai bentuk kebudayaan tradisional terutama kesenian unggulan Nagari Atar. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama