Berakhir Damai, Polres Yahukimo Mediasi Pertikaian Antar Suku di Kurima

 Dua suku yang sempat bertikai akhirnya bersama setelah pertemuan di polsek


YAHUKIMO-Pasca penyerangan oleh pihak marga Heselo terhadap marga Hesegem yang terjadi, Selasa (30/8/2022), Polres Yahukimo menggelar mediasi yang menghadirkan kedua belah pihak, Jumat (2/9/2022)


Mediasi dilaksanakan di  Polsek Kurima yang dihadiri Kapolres AKBP Deni Herdiana, Dansektor Yahukimo AKBP Supriadi Rahman, Kabag Ops AKP Yusup Marani, Kasat Reskrim Iptu Rony Samory, Kasat Binmas Ipda I Made Budi Dumariawan, KBO Sat Intel IPDA Moh Ikhsan, Koramil Kurima, anggota DPRD Nathan Wetipo, pemerhati HAM Theo Hesegem, Kepala Distrik Kurima Amsal Hesegem, tokoh masyarakat, yokoh agama serta pihak Hesegem dan Heselo.

Dalam mediasi tersebut ada kesepakatan bersama yang intinya pertikaian tersebut diselesaikan dengan baik dan kedua belah pihak berdamai.

Kapolres menyampaikan, tujuan digelarnya mediasi ini, agar pertikaian selesai dan aktivitas berjalan normal Kembali. “Setelah mediasi ini, kami harapkan tidak lagi terjadi keributan antar suku. Akibat pertikaian aktivitas masyarakat, pemerintahan, perekonomian dan sekolah menjadi terganggu,” ujar kapolres.

Kedua pihak diminta tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban di Distrik Kurima dan juga terus menjaga rasa kebersamaan. “Kami berharap, setelah ini tidak ada lagi jarak antara pihak Heselo dan Hesegem, kita semua sama, sama-sama masyarakat Yahukimo," tutur kapolres.

Kapolres menekankan kepada jajarannya, untuk selalu hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, serta responsif apabila terjadi sesuatu.

“Apabila ada permasalahan, segera laporkan ke Polsek Kurima dan kita selesaikan dengan pikiran yang dingin,” pesan AKBP Deni Herdiana.

Setelah mendengarkan penyampaian dari kapolres dan para tokoh, kedua belah pihak sepakat berdamai. Situasi Distrik Kurima dalam keadaan aman kondusif. “Kami akan terus bersinergi dengan TNI dalam menjaga kamtibmas,” kata Deni.

Kapolres mengucapkan terima kasih kepada Polres Jayawijaya yang telah membantu dalam penanganan awal saat terjadi pertikaian antar suku. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama