Motivasi Calon Wisudawan, Unand Datangkan Aqua Dwipayana

 Doktor Aqua Dwipayana


PADANG-Dalam waktu dekat, Universitas Andalas akan mewisuda keempat  2022. Guna membekali wisudawan, Unand datangkan motivator terkenal, Doktor Aqua Dwipayana. Pembekalan dilaksanakan di auditorium Unand, kampus Limau Manis, Padang, Kamis (8/9/2022).

Rektor Prof. Yuliandri ketika membuka kegiatan tersebut menyebutkan,  Aqua Dwipayana merupakan tokoh terkenal. Karyanya luar biasa serta diundang ke mana-mana untuk memberikan motivasi kepada berbagai kalangan.

Pertemuan itu mengusung tema sukses pasca kuliah. Kegiatan bertajuk sharing dan silaturahmi. Sebelum memberikan motivasi kepada wisudawan, Aqua Dwipayana juga memberikan motivasi kepada mahasiswa Unand.

Dikatakan Rektor Yuliandri, Aqua Dwipayana juga merupakan pakar komunikasi. "Beliau urang awak. Petik pelajaran berharga dari pengalaman Pak Aqua Dwipayana," ujar rektor.

Aqua Dwipayana menyebutkan, kemampuan komunikasi dan pengetahuan merupakan modal berharga untuk memasuki dunia kerja. Dia memambahan, setelah tamat kuliah, ada tiga pilihan yang bisa ditempuh, melanjutkan kuliah, mencari kerja atau membuka lapangan kerja.

"Hidup ini pilihan. Kita harus bertanggung jawab dengan pilihan itu," kata Aqua.

Ditambahkan, hal yang harus dimiliki wisudawan adalah komitmen. Para mahasiswa harus memiliki komitmen, konsisten dan menjadi orang yang kredibel. Harus ada tekad yang kuat untuk berbuat sesuatu setelah menamatkan kuliah. 

Hal yang lebih diutamakan lagi, bagaimana bisa memiliki keahlian. Dengan keahlian, maka pekerjaan yang akan mencari seseorang. Aqua memberi contoh, bagaimana dia memotivasi ribuan karyawan Lion Air dengan kompensasi terbang ke mana saja dan kapan saja.

Hal yang lain harus dimiliki, adalah tentang sikap pantang menyerah. Jangan kalah sebelum bertanding. Aqua juga menegaskan, wisudawan jangan cepat merasa puas. "Jangan mudah putua asa," katanya. 

Aqua Dwipayana menyebutkan, sarjana sudah sangat banyak, khusus untuk S1. Makanya, lanjutkanlah kuliah agar lebih banyak menguasai ilmu dan memiliki keahlian. Dengan keahlian itu, maka sarjana memiliki nilai lebih.

Bila tak ada aral melintang, wisuda dilaksanakan Sabtu, 10 September mendatang di kampus Limau Manis. (ZK)


 



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama