Wisuda 1.635 Tamatan, Rektor Unand: Rebut Peluang dan Kembangkan Potensi Diri

Rektor Prof. Yuliandri pindahkan jambul wisudawan


PADANG-Universitas Andalas wisuda 1.635 tamatan, Sabtu (10/9/2022). Wisuda diadakan di Auditorium Kampus Limau Manis Padang. Selain wisuda, para tamatan juga diserahkan kepada Ikatan Alumni Unand untuk diterima jadi anggota alumni. Wisuda itu merupakan yang keempat dalam tahun ini.


Rektor Prof. Yuliandri menyebutkan, Unand bangga melepas 1.635 tamatan yang berasal dari diploma tiga, sarjana, pascasarjana maupun doktor.

"Rektor memberi selamat pada wisudawan yang telah berhasil menamatkan studi dengan tepat waktu. Semoga ilmu yang didapat bisa mendatangkan kebaikan bagi masyarakat," katanya.

Dikatakan Rektor Yuliandri, wisuda bisa dilaksanakan secara luring kembali. "Saya yakin, betapa pun canggihnya teknologi yang bisa kita gunakan untuk pelaksanaan wisuda secara daring, namun tetap tidak mampu menggantikan pelaksanaan wisuda secara offline seperti yang telah kita laksanakan sebelum masa pandemic Covid-19," katanya.

 Wisuda secara offline membuka ruang menjalin silaturrahmi dan menumpahkan kebahagiaan masing-masing keluarga atas keberhasilan yang diperoleh dalam menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Bahkan dalam tradisi perguruan tinggi di Indonesia, wisuda secara offline memberi makna tersendiri bagi mahasiswa untuk memasuki dunia baru setelah menjadi mahasiswa.

Rektor serahkan ijazah saah seorang wisudawan terbaik

Rektor berpesan, jadikanlah ilmu pengetahuan yang didapat di Universitas Andalas sebagai modal awal. Ilmu harus dikembangkan. Para wisudawan diminta terus berbuat. "Jangan pernah putus asa. Lakukan yang terbaik. Jangan mudah menyerah kalau mengalami kegagalan," katanya.

Rektor juga berpesan, bagi tamatan yang sudah berhasil, apakah itu menjadi karyawan, membuka lapangan kerja atau berusaha sendiri, diharapkan memberi tahu pihak universitas. Hal itu penting bagi database Unand yang berguna bagi pengembangan institusi di masa depan.

Rektor bangga dengan para alumni yang telah mengukir prestasi, baik prestasi tingkat Unand maupun nasional. "Semoga prestasi yang sudah membanggakan Unand ini bisa ditingkatkan lagi di masa depan," katanya, seraya menambahkan, prestasi yang diraih itu hendaknya dijadikan semangat bagi mahasiswa untuk bisa pula berprestasi.

Dikatakan rektor, tantangan zaman tidak ringan. Banyak hambatan yang dialami para tamatan. Namun, di balik banyak hambatan itu banyak pula peluang yang bisa dimanfaatkan. Guna meraih peluang itu, pengembangan diri mutlak diperlukan.

Rektor juga mengajak para tamatan untuk melanjutkan studi di Universitas Andalas. Rektor juga mengucapkan terima kasih pada para orang tua maupun wali yang telah mempercayakan pendidikan anak kepada Unand. Rektor juga mohon maaf bila ada kekurangan selama pelaksanaan pendidikan di Unand.

Rektor mengucapkan terima kasih pada para guru besar, dosen, tenaga kependidikan yang telah membantu mahasiswa menamatkan studi. Rektor mengucapkan terima kasih pula pada panitia yang bekerja keras demi suksesnya pelaksanaan wisuda. 

Dari 1.635 wisudawan tersebut, rincinnya Program Diploma Tiga 81 orang, sarjana 1.290, profesi 17, magister 193, spesialis 35 orang dan doktor 19. 

Sehari jelang wisuda, Unand hadirkan Doktor Aqua Dwipayana, seorang konsultan komunikasi dan motivator yang memberikan pembekalan para para calon wisudawan. (ZK)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama