Magang di Lapas, Taruna Diajari Bongkar Pasang dan Perawatan Senjata

 Belajar bongkar pasang dan perawatan senjata


CILACAP- Memasuki hari ketiga magang, Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Angkatan 53 gelombang tiga di Lapas Karanganyar Nusakambangan dibekali materi cara bongkar pasang senjata, Rabu (5/10/2022).

Kepala Administrasi Kamtib, Kasubsi Keamanan dan dibantu staf keamanan menyampaikan materi terkait perawatan senjata dan alat keamanan serta praktik bongkar pasang senjata pengamanan.

Kegiatan ini bertujuan agar para taruna dan taruni yang sedang melaksanakan magang di Lapas Karanganyar tidak hanya mengetahui pelaksanaan tugas di lapas tetapi juga mampu mengenal, mengetahui cara menggunakan, merawat dan membongkar pasang kembali senjata.

"Dalam pelatihan ini, senjata yang digunakan adalah Shotgun dan P3A,” terangnya.

Pelaksana Tugas Kapalas Karanganyar, Riko Purnama Candra mengapresiasi kegiatan pelatihan dasar bongkar pasang senjata yang diselenggarakan.  “Terima kasih kepada jajaran yang terlibat, dengan memanfaatkan fasilitas keamanan yang ada, kami bisa memberikan praktik kepada taruna dan taruni Poltekip 53," kata Riko. 

Riko menjelaskan, dalam menggunakan senjata diharuskan untuk berprinsip safety first atau utamakan keselamatan dan keamanan dalam penggunaannya.

"Jangan bermain-main atau bergurau ketika memegang senjata, harus mengetahui dulu dasar-dasarnya terutama bongkar pasang senjata sehingga bisa menggunakan senjata dengan baik," tambahnya 

Riko mengatakan, pengenalan dan pemberian materi bongkar pasang senjata ini menjadi salah satu hal yang dirasa penting untuk diberikan mengingat kedepan taruna dan taruni ini akan terjun secara langsung di dunia pemasyarakatan. 

“Tidak hanya bisa teori, tetapi secara praktik keamanan juga harus sanggup dan tahu," kata Riko. (nanda)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama