Mahasiswa Fakultas Psikologi UPI "YPTK" Padang Sosialisasikan Pengenalan Konsep Diri di Panti Asuhan Yatim

Mahasiswi dan pengasuh panti asuhan foto bersama


PADANG-Mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YPTK Padang ada sosialisasi tentang pentingnya pengetahuan dan pemahaman tentang konsep diri di Yayasan Panti Asuhan Yatim, Sawahan Dalam, Padang, Sabtu (17/12/2022). 


Sosialisasi diadakan di panti asuhan ini karena konsep diri sangat penting bagi anak-anak yang akan menginjak fase remaja dan dewasa. Pengenalan konsep diri tersebut diharapkan membantu anak-anak Yayasan Panti Asuhan Yatim memahami diri sendiri. Siapa dirinya, apa kelebihan dan kekurangannya, serta apa tujuan hidupnya.

Sosialisasi tersebut merupakan tugas project based learning (PBL) yang diberikan dosen mata kuliah Psikologi Sosial, Ifani Candra. Sosialisasi tersebut juga merupakan salah satu poin dalam tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. 


Mahasiswa bersama anak panti yang ikut sosialiasi


Konsep diri sendiri memiliki arti semua ide-ide, pikiran,  kepercayaan dan pendirian yang diketahui individu tentang  dirinya dan mempengaruhi individu dalam berhubungan  dengan orang lain.

Menurut John Robert Powers, konsep diri adalah  kesadaran dan pemahaman terhadap dirinya sendiri yang meliputi; siapa aku, apa kemampuanku, apa kekuranganku, apa  kelebihanku, apa perananku dan apa keinginanku.

Jadi, dapat disimpulkan, konsep diri (self concept) merupakan pandangan atau penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan dibuka dengan pengenalan diri antara tim pelaksana dan anak-anak Yayasan Panti Asuhan Yatim. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi terkait konsep diri dan ditutup dengan mengadakan kuis tentang materi konsep diri yang sudah dipresentasikan. 

Tidak lupa pula, tim pelaksana membagikan snack dan minuman untuk seluruh peserta dan memberikan bingkisan hadiah untuk yang berhasil menjawab kuis yang diberikan. Di antara jeda pembahasan materi, ice breaking dan games juga tidak luput dilaksanakan guna menjaga peserta tetap semangat dan fokus untuk mendengarkan materi tentang konsep diri yang disampaikan.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan penuh keseruan. Kuis yang diberikan dapat dijawab dengan baik oleh peserta. Hal ini membuat tim pelaksana senang karena materi konsep diri yang telah disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh peserta.

Tim pelaksana juga mengatakan, para pengasuh di Yayasan Panti Asuhan Yatim tersebut sangat ramah dan terbuka. Kedatangan tim pelaksana mulai dari kali pertama meminta izin mengadakan sosialisasi hingga kegiatan selesai diadakan, selalu disambut hangat oleh pengasuh dan penghuni panti.

Tim pelaksana berharap kegiatan yang diadakan dapat menjadi bekal yang bermanfaat untuk anak-anak Yayasan Panti Asuhan Yatim. Harapannya, pengenalan konsep diri ini dapat membantu anak-anak mengenal dirinya sendiri dan tidak memandang rendah dirinya karena semua manusia itu berharga. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama