Mahasiswa Magang di Luar Negeri, Batam Tourism Polytechnic Lahirkan Tenaga Profesional

Wawancara dengan Wakil Direktur Batam Tourism Polytechnic Yosrizal.


BATAM-Perguruan tinggi swasta Batam Tourism Polytechnic (BTP) yang operasional sejak 2014 lalu, kini sudah mempunyai alumni yang profesional dan mandiri yang bekerja di dalam dan luar negeri. Bahkan, mahasiswa magang di luar negeri, khususnya di hotel maupun restoran berkelas yang tersebar pada berbagai negara.


Hal itu diungkapkan Wakil Direktur BTP, Yosrizal ketika ditemui di kampus perguruan tinggi itu, Batam, Rabu (21/12/2022). Kampus BTP satu atap dengan Institut Teknologi Batam (ITB). Komplek kampus dibangun di tanah seluas dua hektare. 

Perguruan tinggi BTP menjadikan lulusannya mahir memasak dan memproduksi makanan dan minuman dengan cita rasa internasional.

"Mahasiswa kami magangnya pada hotel berbintang di luar negeri. Kami memiliki kerja sama dengan Hilton Group International Middle East atau Interncontionental Doha. Di Doha ini, ada empat hotel bintang lima tempat magang mahasiswa BTP," ucap putera Kabupaten Agam ini. 

Selain itu, juga ada kerja sama dengan Sheraton Kuta Bali, Ayana Resort And Spa Bali dan W Bali Seminyak. Banyak lagi hotel di luar negeri, seperti Hongkong, Langkawi, Abu Dabi, Australia dan Amerika. 

"Mahasiswa yang kuliah dan bisa magang pada hotel bintang lima dalam dan luar negeri itu. Bahasa Inggris mahasiswa kami fasih, baik tulisan maupun lisan," katanya.

Menurut Yosrizal, kampus BTP memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan bertaraf internstional. Mulai dari fasilitas ruangan hingga peralatan memasak, peralatan  mmbuat minuman.

"Kini, mahasiswa BTP berjumlah 1.000 orang dan memiliki puluhan dosen dan karyawan," kata Yosrizal.

Ketua Yayasan Fisabilillah Sumbar Hj. Suarni Alif ikut melihat suasana kampus BTP tersebut. Dia terkagum-kagum. "Pasti orang kaya kaya saja kuliah di sini. Mana sanggup anak petani kuliah di sini,"  katanya.

Hal itu langsung dibantah Yosrizal. "Di sini ada anak Pondok Kayu Korong V Hindu, Nagari Batu Kalang Utara, Kecamatan Padang Sago, Padang Pariaman yang kuliah. Namanya, Nofri. Dia anak petani. Nofri magang di Qatar. Sekarang Nofri bekerja di Hotel Marriot Batam," katanya.

Perguruan tinggi itu dimiliki mantan anggota DPR, Dr. H. Asman Abnur. Asman juga pernah jadi menteri. (TKA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama