Tolong Dicatat, Sungai Bukan Tempat Buang Sampah

Sampah menumpuk di sungai

TELUK KUANTAN-Harap dicatat, sungai tempat buang sampah. Sungai tempat melintas air. Kalau sampah dibuang ke sungai, aliran air bisa tersumbat. Kalau tersumbat, akibatnya bisa banjir.

Pemandangan tak elok tampak dari atas sebuah jembatan kecil di jalan kabupaten, tepatnya di Desa Koto Rajo, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Kuantan Singingi, Riau,  Sabtu (3/12/2022). Sampah menumpuk di bawah jembatan.

Sampah didominasi plastik dan telah menumpuk. Bau tak sedap menyebar ke mana-mana.

Padahal dulunya, sungai itu dijadikan tempat mencuci dan mandi oleh warga. Kini tercemar dan air menguning. Banyak warga yang sengaja buang sampah ke sana. Tiap hari banyak warga yang melempar kantong kresek berisi sampah ke sungai.

Sampah menumpuk di sungai

Warga peduli lingkungan, Andika berharap kepada kepala Desa Koto Rajo agar bersama-sama mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. "Selain untuk irigasi, sungai tersebut juga digunakan untuk mandi oleh sebagian warga," kata Andika yang juga Kanit Propam Polsek Pengean.

Dikatakannya, sungai di sekitar rumahnya itu tercemar berat dan airnya tak bisa digunakan lagi karena tumpukan sampah yang berserakan. 

Dia menambahkan, dinas terkait harusnya mendirikan tempat pembuangan sampah sementara, sehingga warga tak tiap hari buang sampah ke sungai. "Sedih kita melihat sungai yang jadi tempat sampah," kata dia. (Ridhomagribi)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama