Banyak Dukungan, Asfar Amir Disarankan Maju dengan Jalur Independen di Pilkada Kota Pariaman

Asfar Amir Tanjung

PADANG-Dukungan mengalir kepada Asfar Amir untuk maju dalam pemilihan wali kota Pariaman pada pilkada 2024 mendatang. Namun, dukungan itu belum cukup, sebab yang bisa mengantarkan seseorang jadi calon adalah partai politik. Dalam kondisi sekarang, tak mudah mendapatkan tiket dari partai. 


Warga Pariaman di Padang, Andri menyarankan Asfar Amir untuk melaju melalui jalur perseorangan. "Galanglah dukungan dari sekarang. Sebagai tokoh yang berkecimpung di dunia pendidikan, tak sulit bagi Asfar Amir untuk mencari dukungan," kata Andri, Minggu (8/1/2023).

Dikatakannya, bila melalui jalur partai politik, itu sangat berat. Harus mampu melakukan ke elite politik nasional di Jakarta. Itu tak bisa dilakukan semua orang. Lagi pula, partai akan mengutamakan kader masing-masing, maupun yang sudah lama dipersiapkan. "Lebih baik independen saja," kata dia.

 Banjir dukungan

Doktor Asfar Amir Tanjung sempat menyatakan siap maju dalam pemilihan wali kota Pariaman beberapa waktu lalu. Asfar menyatakan, ia siap saja maju pilkada jika ada dukungan dan dorongan.

Gayung bersambut. Salah seorang tokoh pers Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, Nasrun Jon menyatakan siap dukung Asfar Amir Tanjung. "Sebagai sesama orang pers, saya sangat mendukung adinda Asfar Tanjung untuk maju menjadi calon wali kota," kata dia, Minggu (8/1/2023). 

Dijelaskan, Asfar Amir Tanjung telah dikenal dan mengerti dengan masyarakat Piaman Laweh. "Semoga Allah SWT  mengabulkan doa  kita semua," kata Da Jon, panggilan akrab ajudan Bupati Anas Malik ini. 

Dukungan serupa juga datang dari salah seorang pengusaha muda di Kota Pariaman.  "Kalau benar Bapak Doktor Asfar Amir Tanjung maju menjadi calon wali kota, kita mendukung sekali," ujarnya. 

Tidak ketinggalan, beberapa kepala SD, SMP dan SLTA juga menyatakan dukungan.

"Kami dari kalangan pendidik sudah merasakan binaan dari Pak Asfar terhadap kemajuan pendidikan di Kota Pariaman. Kita berharap ini bukan sekadar wacana, tetapi betul-betul diwujudkan secara nyata tentang pencalonan itu," kata beberapa kepala sekolah.

Tidak tanggung-tanggung, dukungan juga datang dari tokoh Sumatera Barat yang pernah memegang jabatan di Pariaman, Yetrizal Khatib. "Kita sangat mendukung Asfar Amir Tanjung maju dalam pilkada 2024," kata Yetrizal. 

Dalam pilkada mendatang, tidak ada istilah petahanan. Semua kepala daerah akan digantikan oleh penjabat kepala daerah menjelang setahun pelaksanaan pilkada. Dengan demikian, tidak ada pihak yang diuntungkan, karena semua kandidat harus sama-sama start dari awal. 

Asfar Amir Tanjung dikenal sebagai wartawan dan kini menghabiskan waktunya dengan berkecimpung di dunia pendidikan. (TKA/ed)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama