Dalam Berpolitik, Contohlah Asman Abnur

 Asman Abnur. (liputan6.com)


JAKARTA-Dalam berpolitik contohlah politisi PAN, Asman Abanur.  Tokoh asal Padang Sago, Padang Pariaman itu memberikan keteladanan tentang etika dalam berpolitik.


Asman Abnur mundur dari jabatan Menpan-RB, ketika Partai Amanat Nasional tak lagi satu perahu dengan partai politik di pemerintahan. Asman Abnur mundur jelang pemilihan presiden 2019, ketika PAN ikut mengusung Prabowo Subianto dalam pilpres.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi sebut Asman Abnur memberikan teladan. Sewaktu Asman Abnur yang kader PAN sebagai Menteri PAN-RB mengundurkan diri dari kabinet, karena menjelang Pemilu 2019 PAN berbeda sikap politik dengan partai koalisi pemerintah dalam hal pasangan calon di pilpres," tutur Viva.

"Pak Asman mundur dari menteri. Bukan soal kinerja, tetapi soal etika dan fatsun politik. Karena dari sisi kinerja, Pak Asman dinilai sangat baik dalam merealisasikan program reformasi birokrasi," sambungnya yang dikutip dari detikcom.

Viva mengatakan setiap periode pemerintahan tentunya memiliki dinamika yang berbeda. Ia memastikan PAN akan mendukung setiap kebijakan pemerintah Jokowi.

"Meskipun begitu, setiap fase pemerintahan tentu mengalami pernak-pernik dan konfigurasi politik yang berbeda-beda. Dalam hal ini, PAN tetap akan menghormati dan mendukung setiap kebijakan presiden Jokowi dalam meningkatkan kinerja pemerintah," katanya.

Suhu politik belakangan meningkat, lantaran Partai NasDem memiliki kader di kabinet, namun partai itu mendeklrasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. Partai pendukung utama pemerintahan, meminta NasDem menarik menteri dari kabinet. 

NasDem menyerahkan sepenuhnya soal menteri ke Presiden Jokowi karena itu merupakan hak prerogatif presiden. NasDem tak akan menarik menteri dari kabinet, kalau direshuffle, NasDem menyatakan siap menerima. 

Dalam hal ini, Asman Abnur memberi keteladanan. (ed) 



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama