Pemkab Kaimana dan DPRD Tetapkan KUA-PPAS, Kemitraan Makin Diperkuat

 TANDA TANGAN-Bupati Freddy Thie tandatangani kesepakatan nota KUA-PPAS disaksikan pimpinan DPRD, Kamis (26/1/2023). (humas)

TANDA TANGAN-Bupati Freddy Thie tandatangani kesepakatan nota KUA-PPAS disaksikan pimpinan DPRD, Kamis (26/1/2023). (humas)

KAIMANA-Pemerintah kabupaten dan DPRD Kaimana tetapkan KUA-PPAS dalam rapat paripurna dewan di gedung parlemen, Kamis (26/1/2023). Hal itu ditandai dengan penandatanganan oleh pimpinan masing-masing lembaga.


Bupati Freddy Thie menyebutkan, seluruh pimpinan dan anggota DPRD telah bersama-sama dengan jajaran pemkab aktif dalam penyusunan KUA-PPAS anggaran 2023. "Kita saling berkolaborasi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing," kata saat memberi sambutan usai penandatanganan KUA dan PPAS itu.

Dikatakan bupati, eksekutif dan legislatif bersama-sama saling memberikan dukungan dan kontribusi sesuai dengan kewenangannya, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, hingga kepada tahapan evaluasi.

"Dengan ditandatanganinya nota kesepakatan KUA-PPAS ini, maka eksekutif dan legislatif pada hakekatnya mampunyai tanggung jawab yang sama fungsi dan kewenangannya untuk pembangunan di Kaimana," ujar dia.

Dikatakan Freddy Thie, tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah, pada dasarnya selain merupakan tugas dan kewajiban konstitusional juga merupakan aktualisasi prinsip kemitraan, antara pemerintah daerah dan DPRD sebagai sesama unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah. 

"Oleh karenanya, kemitraan yang sejajar antara pemerintah daerah dan DPRD, perlu dibina secara optimal dalam koridor saling asah dan saling isi dengan menjunjung nilai-nilai kebersamaan sesuai dengan fungsi, tugas dan peran kita masing masing dengan menyadari pemerintah daerah tanpa membina kemitraan dengan DPRD, akan terjadi ketimpangan, tidak akan serasi dan sejalan dalam membangun Kabupaten Kaimana yang kita cintai ini," katanya. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama