Pendaftaran Ditutup, Lima Kandidat Daftar Jadi Calon Ketum PSSI



JAKARTA-Komite Pemilihan PSSI kerja ekstra pasca diputuskan dalam Kongres Tahunan 2023 pada 15 Januari 2023. Hari ini (16/1/2023) sampai batas waktu pukul 18.00, tahap penyampaian berkas deklarasi dukungan dan konfirmasi bakal calon komite eksekutif PSSI diterima berkas pencalonan ketua umum lima kandidat, 17 bakal calon waketum serta 78 pendaftar anggota komite eksekutif.


Ketua Pemilihan PSSI, Amir Burhannudin memberikan apresiasi yang tinggi terhadap antusiasme para pendaftar. “Kami sangat mengapresiasi antusiasme para pendaftar komite eksekutif PSSI. Mereka dari berbagai latarbelakang profesi. Ini menunjukkan bahwa banyak yang berkeinginan untuk membangun masa depan PSSI lebih maju dan berprestasi,” paparnya.

Amir memberikan respek yang luar biasa terhadap antusiasme pendaftar dari kalangan kandidat dari unsur perempuan. Terdapat, sembilan kandidat perempuan yang resmi mendaftarkan sebagai komite eksekutif PSSI.

Amir menambahkan Komite Pemilihan hanya memiliki waktu satu bulan untuk menjalani semua tahapan sampai Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar pada 16 Februari 2023, karena itu semua anggota Komite Pemilihan berkomitmen fokus menjalankan tugasnya.

“Setelah tahap penyampaian berkas pendaftaran kandidat. Komite Pemilihan akan bekerja melakukan verifikasi kelengkapan dokumen para kandidat serta dukungan calon. Verifikasi ini penting, agar selanjutnya disampaikan kepada para kandidat dan pengusung untuk melengkapinya,” katanya yang dikutip dari laman resmi PSSI.

Menurut Amir, setelah dilakukan verifikasi, Komite Pemilihan akan menyampaikan informasi kepada anggota PSSI serta bakal calon Komite Eksekutif PSSI terkait kekurangan kelengkapan dokumen pada 19 Januari 2023.

“Selanjutnya mulai 19 sampai 21 Januari 2023, para bakal calon dan pengusung dapat melengkapi dokumen kekurangannya langsung ke Komite Pemilihan PSSI. Kami mengajak para kandidat dan pengusung untuk memanfaatkan waktu ini untuk melengkapinya agar lolos ke tahap selanjutnya,” jelas Amir.

Komite Pemilihan, lanjut Amir, memiliki waktu 10 hari setelah tahap melengkapi dokumen dari para bakal calon dan anggota PSSI, selanjutnya KP akan resmi mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI pada 31 Januari 2023.

“Pada 1 sampai 3 Februari, para bakal calon dan anggota PSSI dapat menyampaikan permohonan dan berkas banding kepada Komite Banding Pemilihan jika tidak lolos dalam pengumuman daftar calon sementara Komite Eksekutif anggota PSSI,” tegas Amir.

Tahapan berikutnya pada 6 Pebruari 2023, Komite Banding Pemilihan akan resmi mengumumkan Daftar Calon Tetap Komite Eksekutif PSSI. “Setelah DCT diumumkan, selanjutnya mereka bersiap untuk mengikuti Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI 2023,” ujar Amir. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama