61 Ribu Anak Ditargetkan Ikuti Vakinasi Polio

CANANGKAN-Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin canangan vaksinasi polio di Kelurahan Sendang Sari, Senin (13/2/2023). (kominfo)


ASAHAN-Pemerintah Kabupaten Asahan canangkan vaksinasi polio di seluruh kecamatan, Senin (13/2/2023). Ditargetkan, vaksinasi bagi anak usia 0 sampai 59 bulan mencapai 61 ribu lebih atau 95 persen.


Hal itu disampaikan Bupati Surya saat pencanangan sub pin polio di Desa Sei Silau Timur, Kecamatan Buntu Pane. Pelaksanaan sub pin volio ini berlansung 13-19 Februari 2023. "Untuk pelaksanaan selanjutnya, sub pin polio akan dilaksanakan pada 13-19 Maret 2023, dengan jenis vaksin novel oral polio vaccine type (NOPV2) yang diproduksi Biofarma dan telah diakui kehalalannya MUI," kata bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara yang diwakili Kepala Bidang Kesmas Dinkes, Hery Valona Ambarita mengatakan, sub pin polio merupakan langkah pemerintah mencegah bayi dan balita terkena virus polio dengan melakukan vaksinasi. "Bukan dengan vaksinasi polio saja mencegah virus ini, tetapi dapat juga dilakukan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," ucap Hery.

Di akhir kegiatan, bupati memukul gong menandakan pencanangan sub pin polio resmi dilaksanakan dan dilanjutkan dengan pemberian vaksinasi polio kepada para bayi dan balita.

Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin saat buka pencanangan vaksinasi polio di Kelurahan Sendang Sari, menyampaikan, polio merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus yang menular, menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian yang tidak dapat disembuhkan. 

"Penyebaran virus ini terjadi melalui rute faecal-oral, virus Ini masuknya melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dari kotoran yang mengandung virus polio. Oleh sebab itu, diharapkan  semua pihak, baik pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan dan seluruh lapisan masyarakat ikut serta mensosialisasikan dan mensukseskan sub pin polio ini," kata dia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan John Hardi Nasution saat buka pencanangan vaksinasi polio di Kelurahan Binjai Serbangan, Kecamatan Air Joman meminta agar semua pihak dapat mendukung pelaksanaan sub pin polio serentak pada putaran pertama ini. 

"Diharapkan peran serta dan partisipasi semua pihak sehingga dapat mewujudkan visi dan misi pemerintah kabupaten, mewujudkan Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter," katanya. (YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama