Pemkab Asahan akan Jalankan Pemerintahan Berbasis Elektronik

 KOORDINASI-Rapat koordinasi pemerintahan berbasis elektronik di Aula Mawar kantor bupati yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Muhilli Lubis, Senin (13/2/2023).


ASAHAN-Pemerintah kabupaten melalui Dinas Kominfo Asahan adakan rapat koordinasi monitoring evaluasi tim koordinasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Rapat koordinasi di Aula Mawar kantor bupati dibuka Bupati Surya yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Muhilli Lubis, Senin (13/2/2023).


Sampaikan sambutan bupati, Muhilli mengatakan, peran SPBE sangat penting dalam  setiap akses pemerintahan, baik akses pelayanan publik maupun admimistrasi, semuanya sudah menggunakan teknologi. "Diharapkan seluruh ASN di lingkungan pemerintah kabupaten mampu mengusai teknologi," kata Muhilli.

Muhilli menambahkan, SPBE ini merupakan salah satu perwujudan 10 program prioritas Pemerintah Kabupaten Asahan. SPBE ini diharapkan mendukung suksesnya visi dan misi pemerintah kabupaten, mewujudkan Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter.

Kepala Dinas Kominfo Syamsuddin menyampaikan, tujuan penyelenggaraan SPBE adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, efektif, efisien, akuntabel serta terpercaya. Selain itu, SPBE juga berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik.

Syamsuddin menyampaikan manfaat dari SPBE ini. Di antaranya, meningkatnya efisiensi anggaran untuk pembangunan, mendukung terwujudnya satu data Indonesia melalui bagi pakai data antar instansi pemerintah dan pemerintah daerah, mendorong penggunaan aplikasi umum berbagi pakai di instansi pemerintah dan pemerintah daerah, meningkatnya utilisasi infrastruktur TIK yang terintegrasi dan berbagi pakai bagi instansi pemerintah dan pemerintah daerah dan terwujudnya keamanan informasi pemerintah. 

Syamsuddin menambahkan, untuk meningkatkan Indeks SPBE Kabupaten Asahan di tahun 2023 ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan yakni, disusunnya dokumen Peta Rencana SPBE. “Pada Anggaran 2023, Diskominfo sudah menganggarkan dan akan segera dikerjakan,” ucapnya. (YG)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama