Masjid Raya Sulit Air Selesai Direnovasi, Megah dan Indah

 SELESAI DIRENOVASI-Masjid Sulit Air di Kabupaten Solok setelah direnovasi total, dijepret Sabtu (4/2/2023).  (Ridwan)


SOLOK-Renovasi total Masjid Raya Sulit Air, Kecamatan X Koto di Atas Kabupaten Solok, Barat selesai dikerjakan. Rumah ibadah itu makin gagah dipandang mata dan tampilan yang kekinian.


Masjid itu dibangun pada 1911. Usai direnovasi, masjid tampil dengan wajah baru dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. 

Savero Eddy mengatakan, renovasi rumah ibadah kebangaan warga Sulit Air ini disponsori keluarga almarhum H. Mardjohan Djamin. 

"Saya selaku cucu pertama dari almarhum  Mardjohan Djamin merasa senang dengan selesainya pembangunan ini," ujar Savero Eddy pada acara serah terima kepada Pemerintah Nagari Sulit Air pada  pertengahan Januari lalu.

Menurut informasi, renovasi bangunan ini menghabiskan biaya Rp15 miliar lebih yang mulai dikerjakan sejak Maret 2020. Peletakan batu pertamanya dilakukan Bupati Solok H. Gusmal. 

"Pas  dua tahun lebih kurang selesai dikerjakan. Kini masjid dilengkapi dengan perpustakaan, tempat berwudhuk, taman dan ruangan parkir kendaraan roda dua dan empat," kata dia.

Ketua panitia pembangunan Irdizon mengucapkan terima kasih kepada donatur utama dan seluruh kaum muslimin dan muslimat yang terlibat dalam pembangunan renovasi Masjid Raya Sulit Air ini. 

Disampaikan, selain dari dana dona donatur utama juga ada bantuan masyarakat yang merupakan sedekah dan infak dengan program Ambo Sato Ciek. 

Bangunan mesjid ini terdiri dari dua lantai.  Lantai bawah dipergunakan srbagai pusat penelitian keagamaan, pustaka, kantor sekretariat masjid dan ruangan shalat cadangan apabila jemaah melimpah. 

Wali Nagari Sulit Air, Jumaini Anas berikan apresiasi terhada putra dan putri Sulit Air yang tergabung dalam Sulit Air Sepakat (SAS) peduli dengan kampung halaman. 

"Kita bangga dengan putra putri Sulit Air Sepakat (SAS) selalu memperhatikan kampung halaman. Mari kita tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan tolong menolong dalam kebaikan," kata Jumaini Anas. 

Haji Samsudin Mukhtar selaku Ketua DPP SAS mengaku kagum melihat bangunan masjid baru sekarang. "Rasa kagum dan haru melihat indah dan megahnya masjid setelah direnovasi," ucap Samsudin. (TKA/RDW)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama