75 Dosen Muda Unand Ikuti Pelatihan Pekerti dan Program Applied Approach

 PELATIHAN PEKERTI-Peserta serius menyimak materi yang diberikan narasumber dalam pelatihan pekerti dan program applied approach yang diadakan Universitas Andalas dan dilaksanakan di sekolah pascasarjana. (ist)


PADANG-Dosen muda ikuti pelatihan pekerti dan program applied approach yang diadakan Universitas Andalas. Pelatihan dilaksanakan di sekolah pascasarjana. Pelatihan berlangsung 2-16 Maret 2023.

Pelatihan dibuka Wakil Rektor I Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Universitas Andalas, Prof. Mansyurdin. Wakil rektor memberikan motivasi dan semangat bagi dosen untuk selalu meningkatkan kemampuan diri dan bersyukur universitas memberikan pelatihan tanpa dipungut biaya. Pelatihan diikuti 75 dosen muda.

Program ini dilaksanakan dengan menghadirkan dosen-dosen yang kompeten di bidang pembelajaran. Selama pelatihan, narasumber memberikan materi dengan beragam tema yang dibutuhkan dosen muda. 

Sasaran pelatihan itu, untuk mencapai hasil maksimal. Setiap dosen tidak cukup hanya berbekal kemampuan di bidang ilmu, tetapi perlu didukung dengan kemampuan pedagogic dan pembelajaran.

Dikatakan wakil rektor, hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20/2003 pasal 39 ayat 2 yang menyatakan pendidik merupakan tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. 

"Pelatihan applied approach menjadi penting dalam pengembangan profesionalisme dosen karena kurikulum yang ditetapkan oleh DIKTI sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen," ujar wakil rektor.

Disebutkan, beban kerja dosen mencakup kegiatan pokok, berupa perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian.

Di samping itu, melaksanakan tugas tambahan dan pengabdian kepada masyarakat. Program AA merupakan program pelatihan yang dirancang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk peningkatan kompetensi pedagogik bagi para dosen. "Keterampilan pembelajaran membutuhkan latihan dan perbaikan terus menerus," kata Mansyurdin. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama