Bupati Freddy Thie Dorong Percepatan Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan Lewat Potensi Daerah

 NARASUMBER-Bupati Freddy Thie (nomor dua dari kiri) menjadi narasumber dalam diseminasi laporan perekonomian Papua Barat, Senin (13/3/2023) di Hotel Grand Papua Kaimana. (ist)


KAIMANA-Bupati Freddy Thie menaruh perhatian penuh menyoal pemulihan ekonomi di Papua Barat. Kabupaten Kaimana yang dipimpinnya saat ini memiliki berbagai kebijakan dan program di sektor-sektor strategis dan potensi daerah. 


Hal itu disampaikan Freddy Thie dalam diskusi diseminasi laporan perekonomian Papua Barat. Bupati Freddy Thie menjadi narasumber dalam diseminasi laporan Perekonomian Provinsi Papua Barat dengan tema pemulihan ekonomi Papua Barat dan pengembangan potensi ekonomi unggulan Kabupaten Kaimana, Senin (13/3/2023) di Hotel Grand Papua Kaimana.

Freddy Thie menjelaskan, Kabupaten Kaimana akan terus memberikan komitmen dan kontribusinya dalam pemulihan ekonomi kawasan di Papua Barat. "Kami sebagai bagian dari entitas Provinsi Papua Barat, Pemerintah Kabupaten Kaimana mendorong percepatan ekonomi dan pengentasan kemiskinan melalui pengembangan potensi daerah," ujarnya. 

Freddy Thie menjabarkan komitmennya itu yang ia jalankan sejak dilantik pada 2021. Dia sebagai kepala daerah menghadirkan berbagai upaya dan program demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Di antaranya pembukaan lapangan kerja melalui program rehab rumah Rp4 miliar per kampung, memulai gerakan menanam pada sektor pertanian, pengembangan budidaya pada sektor perikanan, pembukaan aksesibilitas pada sektor pariwisata serta memberikan bantuan modal bagi 614 pelaku usaha UMKM," jelasnya. 

Menurut Bupati Freddy Thie, atas dasar dari berbagai upaya itulah yang kemudian secara statistik pertumbuhan perekonomian di Kaimana berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mengalami peningkatan. 

"Tercatat berdasarkan data BPS dari  2020-2022, produk domestik regional bruto (PDRB) Kaimana mengalami peningkatan dari -2,83 persen di 2020, -2,10 persen pada 2021 naik menjadi 1,12 di 2022," papar Freddy Thie. 

Dikatakan Bupati Freddy Thie, berdasarkan lapangan usaha, kontribusi terbesar pada perekonomian Kaimana ditopang oleh sektor perikanan, pertanian dan kehutanan. 

"Tercatat sejak pada 2022 mengalami peningkatan 29 persen  dari sebelumnya 27,08 persen pada 2021," imbuhnya. 

Selain Bupati Kaimana Freddy Thie, diskusi tersebut juga menghadirkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat; Romi S. Tamawiwy dan Ketua PKK/Dekranasda, Roma Pasaribu Waterpauw. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama