Ekonomi Kota Solok Terus Tumbuh

 BUKA MUSRENBANG-Wakil Wali Kota Ramadhani Kirana Putra buka Musrenbang Kota Solok di gedung Kubuang Tigo Baleh, Rabu (15/3/2023).


KOTA SOLOK-Wakil Wali Kota Ramadhani Kirana Putra buka musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Kota Solok dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah 2024 di gedung Kubuang Tigo Baleh, Rabu (15/3/2023).


Ramadhani menyampaikan, Musrenbang RKPD ini merupakan momentum yang penting, guna memasuki tahun ketiga dari rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2021-2026 dengan visi arah pembangunan Kota Solok yang diberkahi, maju dan sejahtera.

“Ekonomi Kota Solok terus tumbuh positif setelah turun negatif saat pandemi Covid-19 sebesar -1,42%. Pada 2022 pertumbuhan ekonomi tercatat 4,6%, dimana sektor perdagangan dan jasa, transportasi serta konstruksi masih jadi penyumbang terbesar,” ungkapnya.

Dikatakan Dhani, musrenbang tingkat kota merupakan rangkaian kegiatan perencanaan yang telah dimulai dari tingkat RW, tingkat Kelurahan dan tingkat Kecamatan. Diselaraskan dengan perencanaan perangkat daerah serta melibatkan segenap pemangku kepentingan dan berbagai aspirasi dari masyarakat yang selanjutnya akan menjadi bahan penyusunan rencana kerja Pemerintah Kota Solok 2024. 

"Perlu kami tekankan, besar-kecilnya anggaran bukan tolak ukur suksesnya perencanaan. Tetapi yang lebih penting adalah seberapa besar efek, nilai dan manfaat dari perencanaan tersebut bagi masyarakat," ucapnya.

RKPD 2024 merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD 2021-2026. "Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, kita dihadapkan pada tantangan extraordinary dengan munculnya pandemi Covid-19 yang berdampak pada berbagai sektor mulai dari kesehatan hingga ekonomi," kata wakil wali kota.

Respons tanggap dilakukan guna menyeimbangkan penanganan pandemi sekaligus memulihkan perekonomian dengan program perlindungan sosial, dukungan program prioritas, pembatasan mobilitas, dan vaksinasi. Sehingga laju penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan dan kinerja berbagai indikator ekonomi bisa didorong dan ditingkatkan.

"Kita pun harus memberi perhatian lebih untuk pemberdayaan dan perlindungan kepada penyandang disabilitas, masyarakat yang terdampak risiko sosial, perlindungan anak dan stabilitas kantibmas menghadapi pemilu 2024," katanya. 

Wakil wali kota menitipkan pesan kepada seluruh peserta untuk serius dan fokus selama pelaksanaan Musrenbang RKPD 2024, agar dapat menghasilkan rumusan yang sesuai dengan harapan. 

"Kontribusi pemikiran semua pihak, kami harapkan guna memperkuat proses perencanaan yang lebih baik, relevan dan dibutuhkan masyarakat," katanya.

Dalam musrenbang itu, Ketua DPRD yang diwakili Yoserizal, hadir pula anggota DPRD Kota Solok,  anggota DPRD Sumatera Barat dan lainnya. (SIS)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama