Masyarakat Kelurahan Nan Balimo Syukuran

 Foto bersama usai syukuran


KOTA SOLOK- Setelah selesainya dibangun kembali Masjid Nurus Sakinah, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menghadiri langsung syukuran Kelurahan Nan Balimo, Kota Solok, pada Jum'at (17/03/23).


Wali kota mengucapkan selamat kepada jamaah Masjid Nurus Sakinah yang saat ini telah memiliki gedung Masjid yang bagus dan megah.  

"Kedepan, tugas jamaahlah adalah merawat, menjaga serta memakmurkan Masjid ini," ujarnya.

Dikatakan wali kota Fungsi Masjid bukan sekedar sholat lima waktu saja, namun banyak kegiatan syiar Islam yang bisa dilakukan, menyelesaikan permasalahan umat, serta lain sebagainya.

Wako juga menyarankan Masjid Nurus Sakinah untuk mulai menjalankan Baitul Mal Wat Tamwil, yang merupakan salah satu program Pemko Solok.

Kata wako, Baitul mal wat tamwil (BMT) merupakan satu organisasi usaha yang bersifat mandiri yang memiliki kegiatan untuk mengembangkan berbagai kegiatan usaha yang bersifat produktif dengan maksud untuk meningkatkan kualitas dari kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh para Masyarakat kecil dan juga para pengusaha kecil. 

Kegiatan yang sering dilakukan oleh BMT adalah mendorong agar Masyarakat menabung di BMT serta juga membiayaai kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh mereka. 

"Selain kegiatan tersebut, BMT juga dapat menerima dana-dana untuk keperluan zakat, infak dan sedekah dan lalu menyalurkan kepada pihak-pihak yang memerlukannya sesuai aturan yang ada. Sebagai satu Lembaga keuangan syariah BMT merupakan Lembaga keuangan syariah yang memiliki sifat yang lebih informal," jelas wako.

Selanjutnya, wako mengatakan berbeda dengan entitas syariah lainnya yang lebih formal, seperti bank syariah dan juga entitas pasar modal syariah. BMT sendiri sebenarnya merupakan Lembaga keuangan syariah yang memiliki sejarah yang cukup Panjang. 

Selain fungsinya sebagai Lembaga keuangan, BMT juga bisa berfungsi sebagai Lembaga ekonomi. Hal ini dikarenakan salah satu tugas yang dilakukan oleh BMT adalah melakukan penghimpunan dana dari anggotanya serta juga menyalurkan dana tersebut kepada para Masyarakat yang menjadi anggota BMT. BMT juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan di bidang ekonomi, perdagangan industry dan juga pertanian.

Tampak hadir, Forkopimda Kota Solok, Ketua LKAAM dan Bundo Kanduang Kota Solok, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Solok, pengurus Masjid, Jamaah Masjid serta masyarakat sekitar. (SIS)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama