Tertimbun Longsor, Akses Lalulintas Bukittinggi-Lubuk Basung Tersekat

 TERTUTUP-Jalan yang tertutup akibat longsor di di Jorong Alai, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya. (ist)


AGAM-Curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Agam, Senin (26/3/2023) malam memicu musibah tanah longsor di jalan lintas Bukittinggi-Lubuk Basung tepatnya di Jorong Alai, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito mengatakan, peristiwa tersebut yang terjadi pada Selasa (28/3/2023) dini hari. 

Material tanah disertai batu menutupi sebagian badan jalan yanh mengakibatkan, akses lalulintas Bukittinggi-Lubuk Basung tersekat.

"Kita mendapat informasi adanya tanah longsor, di jalan lintas Bukittinggi-Lubuk Basung, menanggapi laporan ini tim reaksi cepat BPBD Agam langsung kita kirim ke lokasi," ujarnya.

Dijelaskan Bambang Warsito, material longsor berupa tanah bebatuan dan kayu menutupi sebagian badan jalan dengan panjang sekitar tujuh meter dan tinggi tiga meter.

Sebagai langkah penanganan, pihaknya dibantu, polri, TNI dan masyarakat melakukan pembersihan material tanah yang tumpah ke badan jalan dengan alat seadanya. Sementara itu pembersihan lanjutan akan dilakukan menggunakan alat berat.

"Untuk jalan masih bisa dilalui dengan sistem buka tutup, mengingat potensi curah hujan masih terjadi untuk beberapa waktu kedepan, kami mengimbau masyarakat dan para pengguna jalan yang melintasi rute Bukittinggi-Lubuk Basung untuk berhati-hati," katanya. (HAN)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama