DPRD Adakan Paripurna Peringatan Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota


Foto bersama usai peringatan HUT


LIMAPULUH KOTA-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Limapuluh Kota adakan rapat paripurna istimewa, Kamis (13/4/2023). Paripurna itu dengan agenda peringatan hari ulang tahun kabupaten tersebut yang ke-182.





Ketua DPRD Deni Asra mengemukakan, tiap 13 April diperingati HUT Kabupaten Limapuluh Kota yang merupakan amanah Perda Nomor 11/2008 tentang Hari Jadi Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota tertanggal 26 November 2008. Peringatan pertama kali pada 13 April 2009 bersamaan dengan peresmian pemakaian gedung DPRD di Sarilamak, yang sebelumnya gedung DPRD berada di Payakumbuh.



Ulang tahun kali ini dan tahun sebelumnya sedikit berbeda. Tahun ini tidak bisa berlangsung secara meriah dengan menyelenggarakan pekan budaya anak nagari, karena situasi masih dalam suasana Ramadan.

"Saya mengajak kepada semua pihak dengan semangat memperingati hari jadi kabupaten dan kita tingkatkan sinergitas pembangunan untuk mewujudkan Limapuluh Kota yang madani," katanya.

Ditambahkan, rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kabupaten Limapuluh Kota hendaknya terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan mewujud dalam laku setiap diri pribadi masyarakat. 

Dikataka Ketua DPRD, memaknai perjalanan sejarah tentu dengan membuka kembali lembaran awal ketika sebuah pemerintahan dan pembangunan dilaksanakan. pemerintahan dan pembangunan telah dipahami ibarat dua sisi dari satu mata uang yang sama. Artinya, tujuan utama dari sebuah pemerintahan adalah menyelenggarakan pembangunan, begitu juga pembangunan tidak pernah bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah pemerintahan yang kuat.

"Pembangunan sebagaimana kita pahami adalah proses multidimensional yang menyentuh dan merangkum semua aspek kehidupan masyarakat. Oleh karena itu proses dan dinamika pembangunan termasuk pembangunan daerah kita di Kabupaten Limapuluh Kota haruslah dikawal dengan landasan yuridis-operasional dan pendekatan yang holistik integral serta dilandasi premis rasional yang tajam dengan bingkai visi dan misi yang jelas," ujarnya.

Pemerintahan yang kuat sangat dibutuhkan oleh Kabupaten Limapuluh Kota untuk mampu tumbuh dan berkembang dalam menjalankan program pembangunan yang berkebelanjutan, transparan dan akuntabel.

DPRD akan terus mendorong pemerintah daerah di bawah komando bupati untuk mampu melakukan reformasi birokrasi yang seutuhnya dimana ASN  di bawah komando sekretaris daerah harus keluar dari zona nyaman atau filosofi asal bapak senang menuju birokrasi berbasis kinerja yang sesungguhnya. Pemerintah daerah harus mampu bertransformasi untuk berkolaborasi


Para pimpinan DPRD

Aktif dalam menjalankan pemerintahan dan harus mampu mengadopsi mekanisme kewirausahaan adaptif yang menerapkan kecanggihan teknologi dalam pelayanan.

Pembentukan zona integritas merupakan upaya untuk mempercepat pemerintahan yang bersih, birokrasi efektif dan efisien. Dibutuhkan komitmen bersama termasuk DPRD untuk mewujudkan pemerintahan berintegritas dengan standar profesional yang mengedepankan perubahan pada area akuntabilitas kinerja, area penguatan pengawasan dan area peningkatan kualitas layanan publik.

Limapuluh Kota sangat potensial bila dibandingkan dengan kabupaten lain karena memiliki keunggulan kompetitif maupun keunggulan komporatif. Keunggulan tersebut meliputi kekayaan sumber daya alam, letak geografis yang sangat strategis maupun modal sosial yang pengaruhnya sangat dominan bagi pembangunan daerah. Tentu ini jadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kabupaten dan DPRD untuk terus menggalinya. 

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menyebutkan, peringatan hari jadi yang ke-182 ini merupakan tahun ketiga dia bersama Rizky Kurniawan Nakasri menjalankan amanah sebagai bupati dan wakil bupati periode 2021-2024. 

Dikatakan bupati, memasuki usia ke-182, banyak kemajuan yang diraih kabupaten. Namun, tidak bisa dipungkiri, hingga kini masih dihadapkan pada berbagai tantangan dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap perbaikan ekonomi, sosial, dan pelayanan publik. 

"Saya mengajak segenap elemen masyarakat dalam momentum hari jadi daerah ini untuk melakukan refleksi, muhasabah sudah sejauh mana  kita berkarya dan memberikan kontribusi positif dalam upaya membangun Limapuluh Kota," katanya.

"Kita tentu tidak mau kalah jauh dari para tokoh dan para pemimpin terdahulu yang telah bekerja keras, berbakti dan berkarya bagi kemajuan daerah ini. Tugas kita adalah melanjutkan estafet perjuangan tersebut dengan menjawab semua tantangan ke depan," jelasnya.

Dikatakan bupati, semua tantangan tersebut tentunya mesti dijawab dengan penyusunan kebijakan-kebijakan yang mengutamakan kepentingan masyarakat. "Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tulus kepada seluruh jajaran pemerintah kabupaten dan DPRD yang telah bekerja keras dan bekerja sama dalam menjalankan roda pemerintahan demi mewujudkan visi pembangunan daerah yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah 2021-2026," katanya.

Dijelaskan bupati, sementara untuk semakin memperkuat agenda prioritas ini, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah daerah juga mendukung melalui program speaker murotal. Pengadaan speaker murrotal ini dimulai 2022 untuk pendidikan dasar, yaitu SD-SMP. Jumlah speaker yang sudah didistribusikan adalah 134 unit di SMP dan 636 unit di SD. "Tujuan dari pengadaan speaker ini adalah sebagai media bagi anak sehingga nantinya akan menjadi hafizd dan hafizah di Limapuluh Kota," katanya.


"Selanjutnya dalam rangka mewujudkan masyarakat madani ini perlu adanya peningkatan indeks pembangunan manusia  untuk  dengan menekan angka putus sekolah, maka salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan beasiswa kepada siswa tingkat pendidikan dasar berupa bantuan perlengkapan sekolah," katanya.

Pemerintah daerah juga memiliki progul penciptaan wirausaha baru di 2022 telah tercapai 426 wirausaha. Pemerintah daerah juga merencanakan pelatihan dan pemberian bantuan bagi IKM dan UMKM. Ditargetkan di 2026, akan ada 150 IKM dan UMKM yang telah dilatih dan diberi bantuan. 

Pada kondisi awal di 2020 tercatat ada 8.111 IKM dan  UMKM. Pada 2021 terdapat 464 IKM dan UKM yang telah dilatih dan diberi bantuan, di tahun 2022 sebanyak 414 IKM dan UMKM. Tahun ini ditargetkan 210 IKM dan UMKM yang dilatih dan diberi bantuan. (#pariwara dprd limapuluh kota)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama