25 Warga Ikuti Pelatihan Buat Dodol, Ini Harapan Pemkab Solok

Foto bersama usai pembukaan pelatihan 


SOLOK-Sebanyak 25 warga iikuti pelatihan membuat dodol yang dibuka Ketua TPK PKK Kabupaten Solok, Emiko Epyardi Asda. Pelatihan dibuka, Selasa (9/5/2023).


Pelatihan berlangsung 9-11 Mei. Peserta berasal dari unsur bundo kanduang bertempat di gedung pemuda Nagari Sungai Nanam.

Hadir dalam pembukaan itu, Kadis Koperindag, Ahpi Gusta Tusri, Camat Lembah Gumanti Zulbakti, TP PKK Kec. Lembah Gumanti, Wali Nagari Sungai Nanam, Delfi, dan lainnya.

Kadis Koperindag menyampaikan, materi pelatihan adalah arah kebijakan pemda untuk urusan industri, Kreasi dan inovasi pengolahan dodol, packaging produk dan pemasaran produk.

Ahpi mengatakan, dengan pelatihan diharapkan tumbuh industri kecil dan menengah yang akan membangkitkan pendapatan Nagari Sungai Nanam.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Kab. Solok, Ibu Hj. Emiko Epyardi Asda dan segala pihak yang telah hadir dan men-support kegiatan pelatihan ini," katanya.

Wali Nagari Sungai Nanam Delfi mengatakan, denganadanya pelatihan seperti ini, potensi di nagari dapat membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga perekonomian bisa lebih baik seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan membawa dampak positif ke depan.

Emiko Epyardi Asda memaparkan tentang pelatihan dodol bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta selama tiga hari dengan harapan akan muncul wirausaha baru yang akan meningkatkan gairah IKM yang ada

Diharapkan juga, dengan pelatihan ini akan tercapai mutu dan tampilan yang lebih menarik, baik dari segi rasa maupun dari segi kemasan.

Di samping mutu yang ditingkatkan, diharapkan ada inovasi di tengah usaha nanti. Saat ini baru dari dua bahan baku kentang dan labu, nanti setelah maju dan berkembang, nanti ada inovasi dari ibu-ibu menggunakan bahan lain yang berasal dari pertanian, seperti terong pirus, tomat dan lainnya. (clara)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama