Gubernur Mahyeldi Lantik Ekos Albar Jadi Wakil Wali Kota Padang

Gubernur Sumbar tanda tangani berita acara pelantikan Wakil Wali Kota Padang. (adpim) 


PADANG-Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah akui bukan hal yang mudah memilih dan menunjuk sosok pengisi jabatan Wakil Walikota Padang kosong semenjak dua tahun lalu. 

Ia mengatakan hal tersebut karena sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, pengusulan wakil wali kota harus dilakukan oleh partai pengusung yang sama dengan saat pencalonannya dulu.

Kemudian usulan tersebut diteruskan wali kota kepada DPRD untuk seterusnya dipilih.

"Alhamdulillah, semua proses ini telah dilalui dan hari ini kita dapat melantik Ekos Albar selaku Wakil Wali Kota Padang yang baru, periode 2019-2024," kata Mahyeldi usai melantik Ekos Albar di auditorium gubernur, Selasa (9/5/2023).

Gubernur Mahyeldi mengatakan periodesasi kepemimpinan daerah saat ini, berbeda dengan periodesasi kepemimpinan kepala daerah sebelumnya atau periodesasi setelah ini karena periodesasi jabatan kepala daerah saat ini lebih singkat. 

Sebagai contoh, akhir masa jabatan wali kota dan wakil wali kota Padang idealnya berakhir pada 13 Mei 2024, namun karena ketentuan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi undang-undang beserta turunannya mengatur kondisi khusus dalam rangka pemilu dan pemilukada serentak di Indonesia, maka periodesasi wali kota dan wakil wali kota Padang akan berakhir pada 31 Desember 2023 mendatang.

"Demikian pula dengan KDH yang dilantik di periodesasi yang sama dengan kami, akan berakhir pada 31 Desember 2023 nanti, artinya tidak genap 5 tahun sebagaimana mestinya, namun ini telah diatur dalam undang-undang dan harus dilaksanakan," terang Mahyeldi.

Atas kondisi tersebut, ia mengingatkan kepada semua pihak, Khususnya kepada Ekos Albar. Tidak banyak waktu yang dimiliki, sehingga mesti mampu bersinergi dan melakukan penyesuaian-penyesuaian secara cepat. 

"Untuk melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, terutama dengan wali kota, sekretaris daerah beserta jajaran. Diharapkan upaya akselerasi pencapaian target- target Kota Padang yang tengah dipacu bisa lebih maksimal lagi dengan hadirnya wakil wali kota yang baru ini," harapnya. 

Begitupun sebaliknya, Mahyeldi yakin Wali Kota Padang saat ini bisa berbagi dan menggandeng wakil wali kota yang baru ini guna bersama-sama mempercepat pembangunan daerah.

"Kami di provinsi selalu siap untuk mensupport Padang. Memajukan Padang merupakan bahagian dari upaya memajukan Sumatera Barat secara keseluruhan," tuturnya.

Gubernur Mahyeldi mengucapkan selamat kepada Ekos Albar, atas amanah sebagai Wakil Walikota Padang. Semoga bisa menjalankan amanah besar ini dengan baik dan menjadi rahmat bagi seluruh masyarakat secara khususnya.  (zk)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama