Gubernur Mahyeldi Lantik Fernando Jongguran Simanjuntak Jadi Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai

Gubernur lantik penjabat Bupati Kepulauan Mentawai


PADANG-Gubernur Mahyeldi Ansharullah lantik dan mengambil sumpah jabatan Fernando Jongguran Simanjuntak sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai di auditorium gubernuran, Padang, Rabu (24/5/2023).


Pelantikan tersebut diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-1215 Tahun 2023 tertanggal 20 Mei 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai.

"Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah sampai dengan dilantik pejabat definitif nantinya, maka Mendagri telah menetapkan Fernando Jongguran Simanjuntak sebagai Pj Bupati Kepulauan Mentawai," kata Mahyeldi.

Gubernur menerangkan, sebelumnya Fernando bertugas sebagai Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Suka Bumi Kementerian Kelautan dan Perikanan. Penunjukannya sebagai Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai tersebut tentunya telah melalui pertimbangan yang sangat matang dari Kemendagri. Ia berharap, bupati dapat membantu Mentawai menjadi lebih baik kedepannya.

"Mentawai memang kaya dengan potensi perikanan, kita berharap dengan pengalaman yang dimiliki oleh bupati bisa menjadi lebih baik kedepannya," harap Mahyeldi.

Gubernur menyampaikan banyak tanggungjawab yang ditumpangkan negara kepada Pj. Bupati, pertama untuk menjamin jalannya roda pemerintahan. Kedua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ketiga untuk menjaga keberlangsungan, kelestarian lingkungan secara keseluruhan.

Fernando juga ditugaskan untuk menfasilitasi pelaksanaan pemilu dan pemilukada 2024 serta memastikan netralitas aparatur sipil negara dapat terus terjaga selama proses pemilu nantinya.

Menurutnya, jabatan kepala daerah berbeda jauh apabila dibandingkan dengan jabatan struktural. Kepala daerah bertanggungjawab penuh atas masyarakat, wilayah dan tata kelola pemerintahan yang dipimpinnya. Visi dan kebijaksanaan seorang kepala daerah, sangat menentukan maju atau tidaknya masyarakat dan daerah yang dipimpin.

"Saya minta bupati berkoordinasi dan berkolaborasi dengan semua jajaran baik di lingkup internal maupun eksternal," tutur Mahyeldi.

Gubernur mengucapkan selamat kepada Pj. bupati yang baru semoga amanah yang diberikan dapat dijalankan dengan baik dan kepada Pj. Bupati yang lama Gubernur Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih atas segala dedikasinya selama menjabat. 

"Terima kasih juga kita ucapkan kepada Pj. Bupati yang lama, Martinus Dahlan yang telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik selama menjabat," kata  Mahyeldi. (adpsb)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama